Pentingnya Berjemur di Bawah Sinar Matahari Agar Tidak Mudah Sakit

Salah satu vitamin yang diproduksi tubuh ketika terpapar matahari adalah Vitamin D, ketika tubuh jarang terpapar sinar matahari dan beraktivitas di luar ruangan maka tubuh bisa saja kekurangan vitamin D yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tubuh yang kekurangan vitamin D bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang tentu akan mempengaruhi aktivitas kita sehari – hari, gangguan kesehatan tersebut bisa sebagai berikut :

Tulang Menjadi Rapuh, kalsium dan fosfor dalam tubuh jumlahnya dijaga oleh vitamin D, mineral tersebut adalah elemen penting tubuh untuk kepadatan tulang. Kekurangan vitamin D yang disebabkan oleh tubuh yang kurang terpapar sinar matahari maka akan memicu turunnya jumlah mineral tersebut yang berakibat tulang menjadi rapuh, mudah patah hingga yang terburuk bisa menimbulkan resiko osteoporosis.

Perasaan Tertekan, memang gangguan ini tidak terkait langsung dengan kesehatan fisik, namun lebih banyak menyerang kondisi mental. Dalam sebuah kajian internasional melaporkan bahwa kekurangan Vitamin D memiliki keterkaitan dengan perasaan depresi dan tertekan yang kemungkinan disebabkan oleh Vitamin D yang bekerja di dalam otak juga berdampak kepada hormon seperti serotonin dan dopamine yang mempengaruhi suasana hati.

Peningkatan resiko terkena penyakit kanker, selain membantu menjaga kekuatan tulang, Vitamin D ternyata juga memilki fungsi sebagai anti kanker, kekurangan vitamin D bisa menimbulkan resiko 3 kali lipat lebih terhadap penyakit kanker dibandingkan individu yang memiliki vitamin D normal.

Resiko Impotensi pada pria, untuk seorang pria yang memiliki jumlah vitamin D kurang dari 20 nanogram per ml dalam kandungan darahnya maka akan memiliki resiko tinggi untuk mengalami impotensi, hal ini berkaitan dengan kekurangan vitamin D yang bisa menimbulkan gangguan pada aliran darah, aliran darah yang terganggu bisa menyebabkan impotensi pada alat reproduksi pria.

Lalu setelah mengetahui akibat dari kekurangan vitamin D, bagaimanakah sebenarnya cara untuk mendapatkan vitamin D secara optimal? 20 persen sumber kebutuhan harian vitamin D bisa diperoleh dari makanan alami utamanya adalah hati dan minyak ikan, telur, sereal, jus buah segar dan yoghurt yang diperkaya dengan vitamin D. Namun sumber utama dari vitamin D adalah sinar matahari, sekitar 90 persennya bisa disediakan apabila tubuh mendapat asupan sinar matahari sekitar 10-15 menit setiap hari tanpa tabir surya pada pukul 11.00-15.00 WIB ketika sinar matahari panas-panasnya. Jadi jangan takut untuk terpapar sinar matahari ya agar mendapat asupan vitamin D setiap harinya, namun juga jangan terlalu berlebihan agar tidak terpapar sinar ultra violet yang berbahaya bagi tubuh.

Penulis: Kukuh Pribadi
Sumber Gambar: FreePik

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here