KenyangTanpa Makan Nasi? Emang Bisa?

“Gak makan nasi gak afdol makannya” atau “Gak makan nasi belom makan namanya”. Para pembaca pastinya pernah mendengar kalimat yang tadi kan, dan benar sekali. Faktanya  mayoritas masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari yang wajib ada ketika makan. Mau lauknya apapun, nasi tetap wajib hukumnya. Buat sebagian orang diet, biasa nya mereka punya pantangan dengan yang namanya nasi. Mereka rela mengurangi porsi nasi nya demi mendapatkan tubuh yang ideal. Ehh tapi gak kenyang dong. Emang bisa? Bisa dong. Kita bisa mengganti nasi dengan sumber khabohidrat lainnya dan pasti mengenyangkan juga. Dilemanya adalah masyarakat gak begitu biasa untuk mengganti nasi dengan makanan pokok lainnya karena merasa bahwa kenyang itu kalau makan nasi, atau makanan pokok pengganti nasi gak cocok di padukan dengan lauk serta pengolahannya ribet. Berikut ini kita bahas makanan pokok pengganti nasi dan olahannya yang praktis dan enak.

  1. Oats

Kalian pasti kenal sama makanan olahan gandum satu ini. Oats dikenal karena kandungan kolestrol yang rendah dan penuh serat. Oats sendiri kaya akan vitamin B kompleks dan mineral sehingga baik untuk usus. Oats memang kurang di gemari karena rasanya yang hambar. Tips nya, kita bisa buat oats original sebagai bubur dengan topping yang enak sepeti tuna bayam, telur dengan jamur tumis, ayam kecap dan lain-lain. Selain itu bisa dibuat camilan dikala diet. Oats kita gunakan sebagai pengganti tepung untuk membuat cookies kemudian di campur dengan madu, susu, dan mentega cair dan diaduk kemudian di beri kismis pada adonannya dan di letakkan di loyang yang kemudian di pipihkan menggunakan garpu. Oven sekitar 20 menit dan jadilah cookies oat yang membuat kamu tetap kenyang dengan jangka waktu yang cukup lama.

 

  1. Ubi, kentang, dan singkong.

Keluarga umbi-umbian juga bisa membuat kita kenyang tanpa harus makan nasi. Ubi dan kentang memiliki banyak serat yang baik untuk pencernaan dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, sedangkan singkong adalah makanan pengganti nasi yang paling populer di Indonesia. Tidak sedikit makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar singkong. Tips nya, kita bisa membuat singkong keju atau pengganti nasi untuk menemani lauk sehari hari, yaitu singkong rebus dengan oseng pedas teri.

 

  1. Kacang hijau

Siapa yang tak kenal kacang hijau. Makanan pengganti nasi ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.selain mudah di olah, rasanya pun enak dan tekstur nya bisa dinikmati anak-anak hinga lansia. Pasti tau kan makanan olahan kacang hijau. Yap! Bubur kacang hijau. Kacang hijau di cuci kemudian di rebus serta di beri santan, gula merah, jahe dan tak lupa daun pandan untuk menambah aroma, bisa menjadi alternatif dikala ingin kenyang tanpa makan nasi.

 

  1. Jagung

Jagung menjadi makanan kekinian dan banyak diminati oleh kaum muda dengan olahannya yaitu Jasuke ( Jagung susu keju). Rasa jagung yang manis, ditambah lelehan mentega yang gurih serrta parutan keju membuat jasuke penuh rasa dan klop buat lidah anak muda. Untuk orang yang menjalani diet, jasuke termasuk makanan yang dihindari karena kandungan lemak yang di berikan oleh lelehan mentega. Ada cara lain untuk menikmati jagung dan bikin kenyang lebih lama yaitu dibuat menjadi corn flakes atau keripik jagung. Biji jagung yang masak atau tua di lepaskan dari kesatuan jagungnya lalu di tumbuk satu persatu kemudian di jemur dan di balut tepung kemudian di goreng.

 

Selain makanan diatas ada tips lain yang membuat kamu kenyang tanpa memakan nasi, meski tingkat keberhasilannya setiap orang berbeda-beda, namun tak ada salahnya mencoba salah satu diantaranya:

  1. Mengunyah permen karet

Dengan mengunyah permen karet, mulut akan terus sibuk mengunyah dan menstimulasi rasa kenyang dalam pikiran.

  1. Menghisap es batu

Es batu yang kelamaan mencair menjadi air akan membuat perut terasa kenyang dan terbebas dari dahaga.

  1. Melakukan aktifitas yang disukai

Melakukan hal yang kita sukai bisa membuat kita lupa akan waktu dan lupa akan rasa lapar. Selain membuat kita senang juga membuat kita lupa akan rasa lapar

  1. Mengunyah makanan lebih lama

Banyak orang tergesa-gesa dalam mengunyah makanan mereka sehingga tubuh memerlukan tega ekstra untuk menghancurkan dan menyerap hal positif yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengunyah lebih lama, dapat membantu tubuh untuk menyerap lebih banyak asupan yang dibutuhkan dan membuat kita merasa lebih kenyang

  1. Tidur

Tidak sedikit orang melampiaskan rasa laparnya dengan tidur. Tidur membuat badan kita lebih rileks dan nyaman sehingga rasa lapar mungkin tidak akan terasa ketika benar-benar pulas tertidur.

 

Sebagian rasa lapar timbul karena faktor lain seperti stres dan menstruasi bagi wanita, namun kita bisa sedikit mengurangi rasa lapar dengan kegiatan lain dan mensugestikan diri bahwa saya masih cukup kenyang kemudian diimbangi dengan pola hidup yang sehat dan istrirahat yang teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here