Cegah Penyakit Jantung dengan Yoga

Di Indonesia sendiri tercatat sebanyak 35% kematian terjadi disebabkan penyakit jantung. Penyakit jantung sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal.
Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.

Yoga adalah olahraga yang baru-baru ini menjadi trend. Meskipun terlihat santai dan ringan, tahukah kalian bahwa yoga ternyata bisa mencegah penyakit bahkan yang berbahaya seperti penyakit jantung?

 

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri tercatat sebanyak 35% kematian terjadi disebabkan penyakit jantung. Penyakit jantung sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari pola makan yang buruk, kolesterol, pola hidup yang tidak sehat, hingga faktor keturunan. Buat kamu yang ingin menjaga pola hidup yang sehat, olahraga ringan seperti yoga bisa menjadi pilihan. Menurut beberapa penelitian, yoga punya banyak manfaat terhadap kesehatan jantung, diantara manfaatnya adalah:

 

Meningkatkan aktivitas fisik

 

Aktifitas yang benar sebaliknya dapat menjaga kesehatan jantung.  Dalam suatu penelitian orang yang rutin melakukan yoga minimal selama 30 menit dua hari dalam seminggu memiliki tubuh yang lebih bugar, dan memiliki kesehatan jantung yang baik.

 

Pengelolaan stress tubuh

 

Yoga mengajarkan kita untuk menenangkan diri dengan pelatihan pernapasan sehingga menurunkan stess yang merupakan penyebab penyakit jantung.

 

Tekanan darah menjadi turun

 

Yoga juga mengajarkan kita untuk dapat mengelola diri sehingga menurunkan resiko hipertensi dan darah tinggi.

 

Detak jantung menjadi lebih teratur

 

Ketika detak jantung mengalami kelainan atau abnormal hal ini akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan komplikasi. Seseorang yang sering melakukan yoga memiliki detak jantung yang teratur dan tekanan darah yang lebih rendah.

 

Nah, setelah membaca manfaatnya di atas, apakah sudah tertarik untuk ikut yoga? Tentunya hanya yoga saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan, konsumsi makanan tiap hari juga harus diperhatikan, hingga yoga yang baik dan bisa mencegah penyakit jantung adalah yoga yang disertai diet sehat.

 

Sumber :

  1. https://goo.gl/images/33Vybg (gqmbar)
  2. https://polatidur.wordpress.com/2015/12/18/cara-mencegah-penyakit-jantung-dengan-yoga/amp/

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here