Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya

Nafas segar bikin percaya diri
Anti bau mulut

Bau mulut tidak sedap (halitosis) memang bukan masalah medis yang gawat, tetapi bisa mengindikasikan masalah kesehatan mulut anda. Selain itu, rasa percaya diri juga akan timbul akibat permasalahan ini. Jika kamu sedang mengalami atau berusaha menghindari bau mulut tidak sedap, yuk simak pembahasan berikut!

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang berbau menyengat. Beberapa kondisi kesehatan lain yang juga bisa menjadi penyebabnya bau mulut di antaranya:

 

  1. Xerostomia, yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
  2. Gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD).
  3. Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
  4. Pengaruh kondisi lain, seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan, gagal ginjal

Selain beberapa kondisi kesehatan di atas, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat.

Penyebab lain adalah jenis makanan yang kita konsumsi, diantaranya:

  1. Rempah-rempah

Rempah-rempah yang memiliki aroma menyengat seperti bawang putih, bawang merah, bawang Bombay, dan kari  biasanya akan memproduksi gas sulfur. Ini dikarenakan senyawa sulfur dalam kedua bawang tersebut masih tertinggal di dalam mulut Anda dan diserap ke dalam aliran darah, kemudian dikeluarkan ketika Anda mengeluarkan napas.

  1. Makanan Olahan & Junk Food

Makanan olahan yang mengandung banyak garam/gula, tepung, dan minyak terhidrogenasi berpotensi membusuk di perut. Akibatnya, napas dan tubuh menimbulkan bau tak sedap.

  1. Produk Susu

Produk susu kaya akan protein. Saat dipecah dalam perut bisa menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan yang memicu bau busuk.

  1. Kopi dan alkohol

Ketika Anda minum kopi dan alkohol, Anda akan menciptakan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan bakteri di mulut. Kopi dan alkohol juga dapat mengeringkan mulut dengan mengurangi aliran saliva dan membuat bakteri penyebab bau tinggal lebih lama.

Menghilangkan bau mulut

Untuk menghilangkan bau mulut, Anda tidak hanya harus mengurangi atau menghindari makanan dan minuman penyebab mulut Anda berbau. Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan dan mencegah bau di mulut Anda. Apa saja?

  1. Permen Karet Bebas Gula
  2. Air putih
  3. Makanan kaya vitamin C
  4. Apel
  5. Teh hijau

 

Sumber gambar: https://countyfood.blogspot.com/2018/04/3-bumbu-dapur-ini-ampuh-untuk-mengatasi.html

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here