Tidak hanya Hubungan, Olahraga Juga Butuh Komitmen

Kebiasaan Weekend Warriors ini sebaiknya dihindari untuk mencegah cidera yang ditimbulkan oleh olahraga dengan intensitas tinggi dalam satu waktu
tahukah anda bahwa berolahraga hanya di akhir pekan juga tidak maksimal memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh?

Setiap akhir pekan kita mungkin terbiasa untuk menghabiskannya dengan menjalani hobi atau olahraga kesukaan kita. Tidak jarang juga di kota kota besar diselenggarakan Car Free Day (CFD) yaitu kegiatan mengosongkan area publik untuk kendaraan bermotor serta menyediakannya untuk kegiatan olahraga ringan bagi masyarakat. Olahraga lari, bersepeda dan basket biasanya menjadi pilihan masyarakat yang menjadi CFD. Tapi tahukah anda bahwa berolahraga hanya di akhir pekan juga tidak maksimal memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh? Pola olahraga hanya di akhir pekan ini disebut dengan weekend warriors yaitu pola aktivitas hanya di akhir pekan setelah hari-hari sebelumnya menghabiskan waktu untuk bekerja tanpa banyak beraktivitas, misalnya hanya duduk saja di depan monitor PC.

 

Menurut rekomendasi WHO, setidaknya fisik kita membutuhkan olahraga fisik selama 150 menit perminggu dalam waktu 2-3 hari, hal ini bertujuan untuk melatih otot tubuh. Olahraga fisik ini bisa berupa aktivitas ringan seperti bersepeda, berenang, berjalan kaki, melakukan pekerjaan rumah tangga dan lain lain, nah berbeda dengan weekend warriors yang hanya beraktivitas olahraga selama kurang dari 60 menit serta lebih banyak menghabiskan waktu untuk berwisata kuliner di area CFD sedangkan di hari kerja lebih sedikit beraktivitas dan hanya duduk saja ketika bekerja.

 

Kebiasaan Weekend Warriors ini sebaiknya dihindari untuk mencegah cidera yang ditimbulkan oleh olahraga dengan intensitas tinggi dalam satu waktu, hal ini bisa terjadi karena tubuh tidak terbiasa dan siap untuk berolahraga dengan intensitas tinggi hanya di akhir pekan. Cidera tersebut bisa berupa Achilles Tendon Rupture yaitu cidera yang diakibatkan oleh intensitas sangat tinggi pada kaki untuk berjalan atau berlari secara tiba-tiba. Plantar Fasciitis yaitu cidera pada tumit kaki berupa rasa nyeri berkepanjangan, hal ini disebabkan oleh tekanan yang berlebihan pada tumit. SShin Splints atau tekanan berlebihan pada tulang kering yang mengakibatkan rasa nyeri pada tendon sekitar tulang yang mengalami tekanan, hal ini disebabkan oleh olahraga berlebihan pada permukaan keras atau tidak rata. elanjutnya resiko yang bisa dialami oleh para weekend warriors adalah peningkatan resiko serangan jantung apabila menjalani olahraga secara berlebihan tiba tiba.

 

Efek negatif di atas sebenarnya bisa dihindari dengan berolahraga secara teratur setiap hari dengan intensitas rendah dan bertahap, tidak sekaligus di akhir pekan. Pemanasan dan persiapan olahraga yang matang juga perlu dilakukan untuk menghindari cidera, dan yang terpenting adalah memenuhi target olahraga selama 150 menit dalam seminggu. Target ini bisa dicapai dengan melakukan aktifitas tingan olahraga minimal 10-20 menit perhari agar tubuh terbiasa dan tidak kaget serta cidera ketika melakukan olahraga dengan intensitas tinggi di akhir pekan.   

Sumber gambar: freepik

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here