Diet Sesuai Golongan Darah, Efektif Ga Sih?

Efektifkah?
Diet Sesuai Golongan Darah

Apakah kamu sedang mencari program yang diet tidak menyiksa dan cocok untuk dirimu? Diet golongan darah mungkin dapat menjadi pilihan program diet yang tepat. Tapi, sebelum memulainya, simak ulasan berikut ini yuk!

Diet golongan darah cukup populer pada beberapa tahun terakhir. Diet ini dicetuskan oleh seorang Dokter bernama Dr. Peter D’Adamo. Apakah diet golongan darah ini benar-benar efektif? Dari hasil penelitian yang telah dilakukan Dr. Peter D’Adamo, sebanyak 78% partisipan merasakan hasil yang baik seperti; tubuh terasa lebih sehat, tak ada gangguan pencernaan, berkurangnya stress dan tak merasa lemas.

Mengapa hal ini dapat terjadi? Dr. Peter D’Adamo menyatakan bahwa setiap individu dengan golongan darah yang berbeda memiliki tingkat reaktifitas yang berbeda pada zat lektin. Zat lektin adalah zat terkandung pada tumbuhan dan juga hewan. Oleh karena itu, setiap individu dengan golongan darah berbeda secara alami akan memecah makanan tertentu dengan lebih efisien. Menurut Dr. Peter D'Adamo, konsumsi makanan sesuai dengan golongan darah akan mengoptimalkan pencernaan dan risiko memiliki masalah kesehatan maupun berat badan
akan menurun.

Lalu, apakah teori tentang diet sesuai golongan darah ini dapat dipercaya? Teori Dr. Peter D’Adamo mengenai mikrobiota usus diyakini benar. Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan, peneliti dari Finnish Red Cross Blood Service menemukan bahwa golongan darah tertentu memodulasi perbedaan proporsi dan keseluruhan profil mikrobiota usus. Di sisi lain, menurut Dr Samuel Oetoro, seorang ahli gizi dari klinik Nutrifit di Jakarta, teori yang dikemukakan Dr. Peter D’Adamo dirasa belum memenuhi standar penelitian ilmiah karena hanya berdasar pada pengalaman dan bukti empiris. Lebih lanjut, Prof. Dr. Ali Khomsan, ahli gizi dari IPB, menyatakan bahwa diet berdasarkan golongan darah dirasa kurang tepat untuk diterapkan karena setiap individu memiliki kebutuhan nutrisi harian yang berbeda; tergantung pada usia, jenis kelamin, tingkat stres, berat badan, faktor emosional, latihan fisik, dan kesehatan tubuh. Oleh karena itulah studi lebih lanjut diperlukan untuk mendukung klaim efektivitas diet ini.

Nah, Itulah beberapa hal mengenai diet golongan darah yang patut dipertimbangkan sebelum memulai. Tapi ingat, selain menjalani program diet, jangan lupa untuk melakukan olahraga yang teratur agar tubuhmu mendapatkan hasil yang maksimal!

Sumber gambar: Tribunbali.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here