Sulit lepas dari Game dan Internet? Hati-hati, itu Penyakit!

Penyakit
Kecanduan Internet dan Game

Apakah kamu termasuk ke dalam orang-orang yang hidupnya tidak bisa lepas dari internet ataupun game? Hati-hati bisa jadi kamu sudah kecanduan dua hal tersebut. Saat ini memang hampir semua orang kehidupan sehari-harinya berhubungan dengan internet, akses internet yang cepat bisa memudahkan kamu untuk streaming ataupun bermain game. Tapi tahukah kamu jika ternyata 6 dari 100 orang di dunia mengalami kecanduan game dan internet?

Kecanduan internet adalah pola perilaku penggunaan internet secara terus menerus yang menimbulkan gangguan pada kehidupan sehari-harinya dan bertahan selama 12 bulan. Sementara kecanduan game adalah Pola perilaku bermain game (Online / Offline) secara terus menerus yang menimbulkan gangguan pada kehidupan sehari-harinya dan bertahan selama 12 bulan. Perlu kamu ketahui juga bahwa WHO (World Health Organization) telah resmi menetapkan kecanduan game sebagai penyakit gangguan mental.

Kecanduan adalah penyakit akibat gangguan pada otak. Kecanduan juga bisa dipandang sebagai keterlibatan terus-menerus dengan sebuah zat atau aktivitas meskipun hal-hal tersebut mengakibatkan konsekuensi negatif. Saat kecanduan sesuatu, seseorang bisa sakit jika mereka tidak mendapatkan sesuatu yang membuat mereka kecanduan, namun kelebihan sesuatu itu bisa menyebabkan kesehatan mereka menurun.

Lalu bagaimana cara untuk mencegah agar kamu tidak sampai kecanduan internet ataupun game? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah : batasilah waktu kamu untuk bermain internet / game maksimal 4 jam dalam sehari, banyak melakukan kegiatan outdoor di waktu senggang, dan hindarilah lingkungan yang mendukung untuk selalu beraktivitas di internet maupun bermain game. Bagaimana, apakah kamu termasuk ke dalam orang-orang yang kecanduan game atau internet? Jika ya, hati-hati itu artinya kamu sedang sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here