Kenapa sih kamu penasaran dengan arti nama kamu? Ini sebabnya.

Kenapa?
Penasaran dengan arti nama

Aristoteles menyebut (Cogito Ergo Sum) atau yang diartikan sebagai “aku berpikir maka aku ada”. Dimana ketika manusia berpikir, pada saat itu manusia menyadari akan keberadaannya. Sehingga secara tidak langsung saat manusia berpikir akan menimbulkan kesadaran akan sesuatu. Lantas, kesadaran tersebutlah yang menimbulkan juga adanya pemilahan, keraguan, dan pencarian makna.

Dpata disimpulkan, “kesadaran menyebabkan manusia selalu ingin bertanya”. Manusia selalu tidak puas akan dirinya, selalu mencari dan berubah tidak pernah menetap. Bahkan manusia pun mempertanyakan ke-aku-annya (Diri sendiri). “Aku ini siapa? dia itu siapa? berbedakah aku dengannya ? kenapa aku ini ada?”

Lantas mengapa manusia mempertanyakan diri sendiri? Menurut James Garcia, setiap orang mempunyai tiga skema tentang dirinya. Pertama adalah actual self, yaitu bagaimana seseorang melihat dirinya sekarang. Kedua adalah ideal self, yaitu bagaimana seseorang ingin menjadi. Dan ‘ought self’, yaitu bagaimana dia ber-pikir dia seharusnya.

Mencari jati diri memang penting, tapi jangan biarkan infromasi-informasi yang belum akurat mempengaruhi “siapa dirimu” sebenarnya. Ingatlah bahwa setiap orang itu unik dan berbeda, yang terpenting adalah menjadi “dirimu sendiri”.

Sumber: Idhamsyah dan Abi Abdu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here