Olahraga Yoga Tangkal Penyakit Ini

Tangkal penyakit ini
Yoga

Lahir di India dan merupakan bagian dari filsafat Hindu, Yoga menjadi salah satu trend olahraga kekinian. Dengan menggabungkan aktivitas meditasi dan latihan fisik, yoga ternyata juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan beragam penyakit. Dengan melakukan yoga tubuh dan pikiran bisa lebih segar, karena sejatinya yoga adalah olahraga tubuh dan pikiran. Yoga bisa membantu mengurangi stress dan rasa mudah gelisah, selain itu dari segi fisik banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapat.

Sakit Punggung, gerakan yoga yang terdiri dari peregangan tubuh dapat membantu melatih kelenturan tubuh. Hal ini sekaligus membantu mengurangi sakit punggung yang biasanya terjadi karena tubuh terlalu kaku.

Mengurangi masalah asma, selain melalui pengobatan medis ternyata gejala asma juga bisa dikurangi dengan bantuan gerakan yoga, terutama gerakan yang berhubungan dengan pernapasan seperti gerakan panayama.

Membantu tulang menjadi lebih padat, hal ini merupakan hasil studi pada tahun 2009 oleh Dr. Loren Fishman terhadap dua kelompok individu, satu kelompok diberi latihan yoga secara teratur dalam jangka waktu dua tahun sedangkan kelompok lainnya tidak diberikan latihan yoga secara teratur. Hasilnya setelah dilakukan test DEXA (bone mineral density), kelompok pertama yang diberi latihan yoga secara teratur memiliki bonedensity yang lebih padat dibandingkan kelompok kedua.

Membantu turunnya tekanan darah,dengan latihan rutin yoga, gangguan darah tinggi ringan dan sedang bisa terbantu.

Meningkatkan kapasitas paru – paru, bagi praktisi yoga hatha yang menekankan pada teknik pernapasan, yoga mampu membantu meningkatkan kapasitas paru paru dengan latihan rutin.

Menurunkan tingkat gula darah dan membantu proses penurunan berat badan

Meningkatkan keseimbangan terutama bagi yang sudah lanjut usia

Namun tentu saja untuk mendapatkan manfaat kesehatan seperti di atas harus dibarengi dengan latihan yoga yang rutin, anda bisa memulai dengan memilih lokasi yoga untuk melakukan latihan. Terdapat beberapa pilihan lokasi untuk mengikuti kelas yoga yaitu di Gym atau Fitness Centre serta di Studio Yoga, sesuaikan dengan kebutuhan serta biaya yang harus ditanggung. Adapun tips untuk memilih lokasi latihan yoga sebagai berikut,

Pertimbangkan jarak, pilihlah tempat latihan yang jaraknya terjangkau sehingga tidak membuat anda berangkat latihan secara rutin.

Sesuaikan biaya, pertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk latihan  yoga, sesuaikan dengan budget bulanan anda.

Sesuaikan waktu latihan, pilih tempat latihan yang menyediakan pilihan waktu latihan sehingga bisa disesuaikan dengan kesibukan sehari-hari.

Perhatikan kualitas guru, cermati dan perhatikan sertifikat serta pengalaman guru yang mengajar kelas yoga, apabila ada trialclass manfaatkan untuk mencari tahu lebih dalam.

Partner berlatih, hal ini penting untuk memberi semangat dalam menghadiri latihan yoga secara rutin.

Berikut manfaat serta tips dalam latihan yoga, selamat berlatih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here