Seledri, Solusi Hipertensi!

Solusi
Seledri

Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi. Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mmHG merujuk pada bacaan sistolik, ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu, angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolik, ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah.

Tekanan darah normal berkisar di angka 120/80 mmHG. Namun, penderita hipertensi dapat melakukan terapi herbal untuk menurunkan hipertensi.. Banyak jenis tanaman obat yang dilaporkan mempunyai efek untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan salah satunya adalah seledri.

Seledri memiliki efek yang baik untuk menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Daun seledri memiliki kandungan Apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan Phthalides yang dapat mengendurkan otot-otot arteri atau merelaksasi pembuluh darah. Zat tersebut yang mengatur aliran darah sehingga memungkinkan pembuluh darah membesar dan mengurangi tekanan darah.

Seledri memiliki kandungan alami yaitu fitosterol. Fitosterol diketahui mempunyai fungsi menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kandungan vitamin C dalam seledri juga memilik peranan penting dalam proses metabolism kolesterol.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa setelah makan seperempat pon seledri setiap hari selama 1 minggu, mendapat hasil pengurangan tekanan darah secara signifikan. Lalu, bagaimana cara mengolah seledri sebelum dikonsumsi sebagai terapi herbal bagi penderita hipertensi?

1. Mengukus dua batang seledri per hari sebagai cemilan. Disarankan tidak memakan seledri lebih dari empat batang karena kandungan natrium pada seledri yang berlebih dapat mengakibatkan kenaikan tekanan darah.

2. Meminum air rebusan daun seledri. Disarankan untuk tidak meminum lebih dari dua gelas air rebusan per hari.

3. Membuat jus campuran seledri dan mentimun. Menggabungkan dua batang seledri dan satu buah mentimun menjadi jus murni, dan meminumnya satu kali merupakan cara yang terbaik. Mentimun juga memiliki kandungan yang baik dalam menurunkan hipertensi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here