Diet Ala Beyonce dan Victoria Beckham

Diet ala Selebriti Dunia
Diet Alkaline

Pernah penasaran tidak? Kira-kira dari sekian banyak jenis dan tips diet, mana yang dipakai oleh selebritis terkenal dunia seperti Beyonce, Victoria Beckham dan Jennifer Aniston? Ternyata Diet yang dipakai adalah diet alkaline, yaitu diet yang mengutamakan keseimbangan kadar pH dalam tubuh sebagai tujuan utama dietnya. Para pegiat diet alkaline percaya bahwa ketika tubuh mengonsumsi makanan yang mengandung banyak asam seperti daging, ikan ayam, produk olahan pabrik, makanan kaleng gula putih, tepung terigu, kafein dan sebagainya maka kadar asam dalam tubuh akan naik dan mengganggu kesehatan tubuh, selain itu kadar asam yang tinggi bisa menggagalkan diet.

Untuk mengatasi kadar asam tinggi dalam tubuh, maka perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar basa sebagai penetral dari kadar asam dalam tubuh. Kadar basa ini bisa ditemukan dalam makanan sehari-hari seperti sayuran segar, buah segar, kacang kedelai, kacang polong, gandum dan jenis kacang-kacangan lainnya. Menurut medis kadar pH ideal bagi tubuh adalah 7.35-7.45 yaitu sedikit alkaline, apabila pH kurang dari 7 maka bisa dikategorikan asam sedangkan apabila pH lebih dari 7 maka akan dikategorikan sebagai basa.

Dengan menjaga pH tubuh tetap optimal maka tubuh akan menjadi sehat, sel sel tubuh bisa berfungsi normal dan sekaligus melakukan proses detoksifikasi (pembuangan) racun dalam tubuh. Positifnya menjaga kadar pH tetap optimal melaluit diet alkaline adalah membantu menjaga berat badan, hal ini bisa diperoleh karena makanan yang dibatasi dalam diet alakaline adalah makanan yag cenderung mengandung gula berlebihan, selain itu diet alkaline juga meminimalkan resiko terkena penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes. Tapi tidak perlu khawatir kekurangan kalori ketika menjalani diet ini, asupan gandum, sayuran dan buah-buahan segar bisa menjaga kalori dalam tubuh tetap seimbang.

Namun juga perlu diperhatikan sebelum menjalani diet alkaline, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan ahli gizi terpercaya. Hal ini menjadi sangat penting karena kekurangan kalori atau protein sebagai imbas diet alkaline ekstrim bisa mengganggu kesehatan tubuh dan bisa mengakibatkan sakit yang tidak diinginkan. Olahraga yang seimbang juga perlu dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit serta membantu proses menjaga berat tubuh.

Sumber: Kompas 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here