Hati-Hati! Berenang Saat Hujan Sebabkan Kanker Kulit!

Berenang saat hujan
bahaya

Kamu suka berenang? Renang merupakan olahraga yang cukup digemari oleh khalayak umum. Renang dapat membantu melatih proses pernapasan dengan baik serta membakar kalori tanpa perlu mengeluarkan keringat. Namun, di tengah musim hujan seperti sekarang, bagaimana jika ingin berenang?

Saat sedang berenang di kolam renang luar, hujan menjadi situasi yang tidak bisa dihindari. Ada yang memilih tetap berenang, ada yang memilih berhenti. Lalu, bagaimana menyikapi hal ini, saat hujan turun ketika berenang?

Air hujan yang turun terutama di daerah perkotaan, membawa zat kimia yang berasal dari gas pabrik maupun asap mobil. Apabila air hujan ini bercampur dengan kaporit kolam renang dapat mengancam kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan kanker kulit. Selain itu, hujan khususnya gerimis akan membawa gas beracun berupa polusi udara dari atmosfer yang dapat mencemari air kolam renang.

Berenang akan menurunkan suhu tubuh, suhu tubuh manusia pada umumnya berkisar 35-37 derajat celcius. Ketika berenang suhu tubuh akan  menurun drastis hingga mencapai 30-33 derajat celcius. Dalam kondisi hujan, suhu tubuh akan menurun lagi hingga mencapai 27-29 derajat celcius dimana pada kondisi ini dapat membahayakan tubuh manusia. Penurunan suhu tubuh akan membuat imun atau daya tahan tubuh menjadi lebih rentan dan menyebabkan virus penyakit mudah berkembang.

Kesimpulannya, berenang saat hujan turun memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Namun, jika kamu ingin tetap berenang pada saat hujan. Ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti:

1. Memilih kolam renang dalam ruangan.
Kolam renang dalam ruangan akan mengurangi dampak dari kontaminasi air hujan yang membawa zat kimia berbahaya akibat polusi.

2. Menyediakan handuk kering dan hangat.
Setelah berenang, segera keringkan tubuh dengan handuk. Meskipun memilih kolam renang dalam ruangan, suhu lingkungan tetap akan terasa lebih dingin. Usahakan tidak berlama-lama ketika berenang dan segera mencari tempat hangat setelah selesai berenang.

3. Mandi
Setelah selesai berenang dan menghangatkan diri, segera netralkan suhu tubuh dengan mandi menggunakan air biasa. Meskipun tidak bersentuhan dengan air hujan, tetapi kandungan kaporit dalam air kolam renang juga perlu dibersihkan dari kulit.

4. Minum obat atau vitamin daya tahan tubuh
Segera minum vitain daya tahan tubuh agar virus tidak berkembang dengan cepat dan menurunkan kondisi tubuh.

5. Istirahat
Istirahat setelah berolahraga renang pada cuaca dingin akibat hujan diperlukan untuk memberi relaksasi pada tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here