Bengkak Sehabis Oplas? Ini Sebabnya!

Ini Sebabnya!
Bengkak Sehabis Oplas?

Kecantikan wajah dan tubuh merupakan dambaan bagi semua orang, khususnya bagi para wanita. Tak ayal, untuk mendapatkan kecantikan tersebut beberapa hal dilakukan. Mulai dari penggunaan kosmetik, perawatan tubuh ke klinik kecantikan, berolah raga, hingga melakukan operasi plastik.

Menyempurnakan wajah dan tubuh lewat operasi plastik sangat populer saat ini. Bahkan di beberapa Negara seperti Amerika, Jepang dan Korea, operasi plastik bukanlah suatu hal yang aneh. Operasi plastik sudah seperti hal biasa yang dapat dapat dilakukan kapan saja.

Operasi plastik memang dapat menjadikan wajah maupun tubuh lebih cantik dan sempurna dalam waktu yang relatif singkat. Namun, banyak orang tidak tahu kondisi pemulihan pasca operasi plastik. Keadaan bengkak dan lebam dapat muncul setelah operasi plastik dan hal ini wajar terjadi. Bengkak dan lebam dapat diakibatkan oleh banyaknya obat anestesi yang diberikan. Obat ini diberikan untuk membuat bagian kulit atau tubuh pasien mati rasa selama operasi.

Pemberian obat anestesi yang dilebihkan ini dilakukan untuk alasan keamanan selama proses operasi, namun hal ini dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah pascaoperasi. Selain disebabkan oleh obat anestesi Selain itu, bengkak dan lebam merupakan reaksi alami tubuh untuk pulih.

Namun, beberapa komplikasi juga dapat terjadi, salah satunya adalah hematoma. Hematoma adalah penumpukan darah di luar pembuluh yang menyerupai memar besar dan menyakitkan. Komplikasi ini merupakan komplikasi paling umum yang sering terjadi setelah operasi plastik atau bedah kecantikan. Dalam artikel yang ditulis oleh Keith Hood, bersama 2 rekannya, berjudul “Hematomas in Aesthetic Surgery”, hematoma dapat hadir dengan berbagai tanda dan gejala, diantaranya panas dan nyeri ketika kulit ditekan. Pada kasus hematoma kecil (hematoma minor), komplikasi ini bisa disembuhkan tanpa melalui perlakuan khusus.

Namun, jika hematoma terjadi lebih besar (hematoma mayor), harus segera ditangani dengan perlakuan khusus yang dapat dilakukan oleh dokter ahli. Biasanya bengkak dan lebam pascaoperasi ini akan sembuh selama beberapa minggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here