Tips Mudah Mulai Berolahraga Oleh: DR. Kardjono, M.Sc.

Oleh: DR. Kardjono, M.Sc.

Umumnya orang sudah mengetahui, bahwa olahraga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan dan memelihara kebugaran jasmani. Pengetahuan itu kemungkinan besar pernah diperoleh, ketika mereka duduk di bangku sekolah, mendengar di warta berita baik radio maupun televisi, buku bacaan, atau dari ungkapan orang-orang di sekitar mereka.

Berdasarkan hal tersebut, tidak dipungkiri lagi, membuat sebagian besar orang berhasrat untuk melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan teratur. Meskipun keinginan itu ada, akan tetapi tidaklah mudah bagi sebagian orang untuk dapat mewujudkan impiannya itu.

Adapun alasan yang paling mendasar umumnya adalah, kesibukan pada pekerjaan, tempat olahraga yang sulit dijangkau, kemudian halangan lainnya adalah faktor cuaca, hujan, terik matahari, dll.

Ada beberapa hal lainnya yang juga seringkali menjadi hambatan, seperti tidak adanya sarana dan prasarana yang tersedia, peralatan olahraga yang terbatas, ruangan yang kurang memadai, sulitnya menjangkau tempat-tempat kebugaran juga biaya yang relative mahal, dan berbagai macam permasalahan lainnya, yang akhirnya membuat sebagian orang mengurungkan niatnya untuk berolahraga.

Selain dari alasan-alasan di atas, ada satu lagi alasan yang sebenarnya paling berat, adalah melawan rasa malas. Kemalasan adalah faktor utama yang paling menghalangi keinginan seseorang untuk berolahraga. Cobalah sedikit usaha untuk mulai melawan kemalasan.

Ada beberapa pertanyaan yang seringkali timbul dipikiran seseorang yang berniat untuk berolahraga diantaranya adalah, olahraga jenis apa yang harus dilakukan? Di mana tempat untuk melakukan olahraganya? Peralatan apa yang harus dipergunakan? Seberapa banyak dan seberapa lama waktu untuk berolahraga? dan seterusnya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut janganlah menjadi menghambat untuk mulai melakukan olahraga. Marilah kita berpikir lebih sederhana untuk mulai berolahraga, yaitu dengan “Memulainya”. Apa yang anda dapat lakukan untuk memulai aktifitas gerak yang termudah, misalnya jalan kaki disekitar lingkungan dan berdiri.

Hampir kebanyakan orang yang memiliki keadaan tubuh normal, tidak memiliki kesulitan untuk berjalan kaki. Mulailah dengan melangkahkan kaki anda ke depan beberapa langkah, kemudian mundur kebelakang, atau berbalik arah, bisa juga anda melangkah kesamping kiri, dan kesamping kanan.

Tidak ada patokan untuk anda melangkah, bisa saja membentuk formasi segi empat atau bundar, atau yang paling mudah adalah berjalan kaki di tempat saja. Jalan kaki di tempat dapat dilakukan sambil tetap anda menjalankan rutinitas pekerjaan anda, misalnya sambil memasak, menggendong bayi, menonton TV, mengobrol, dan sebagainya.

Kalau berjalan kaki saja masih malas untuk dilakukan, anda bisa menggerakan lengan anda untuk menaikan lengan keatas dan kebawah, kesamping kiri dan kesamping kanan, baik dalam posisi berdiri maupun posisi duduk. Bahkan gerakan bisa dilakukan juga dalam posisi anda tidur. Kalau hal ini masih malas juga, cobalah dengan meremas jari-jari tangan anda. Beberapa cara mudah olahraga tersebut sedikit-demi sedikit akan membuat anda terbiasa dengan bergerak badan, apalagi setelah anda merasakan hasilnya, yaitu perasaan bugar.

Mulailah dengan cara yang paling mudah untuk anda bergerak badan, kemudian secara bertahap tingkatkanlah kepada gerakan yang lebih komplek, yaitu melakukan berbagai gerakan yang banyak menggunakan otot-otot anda. Bersamaan anda berjalan, juga angkatlah lengan anda keatas, kesamping bergantian. Sedikit demi sedikit mulai tambahkan waktu anda untuk bergerak, sehingga anda menjadi terbiasa untuk berolahraga.

Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here