Stress di hari Senin??? Kami punya solusinya !

Stress di hari Senin??? Kami punya solusinya!

Sebagian dari kita akan mempunyai rasa tidak suka tersendiri terhadap hari senin. Banyak alasan yang mendasari ketidak-sukaan mereka terhadap hari yang satu ini. Mulai dari masih terbawa malas libur akhir pekan, kemacetan di jalan,pekerjaan yang menumpuk karena kita tinggalkan,  hingga alasan yang simpel seperti karena konvormitas orang – orang membenci hari senin. Ketidak sukaan kita terhadap hari yang dianggap awal pekan ini merupakan salah satu penyebab stress kita di hari senin.

Lalu, bagaimana kita menyikapi hal tersebut??

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk menghilangkan stress, salah satunya adalah liburan. Namun hal itu hampir tidak akan berlaku terhadap stress di hari senin karena kita telah liburan di ari sebelumnya. Dan inilah saran – saran dari kami untuk bisa mengatasi stress di hari senin.

Membuat jadwal harian

Salah satu penyebab stress di hari senin adalah karena kita merasa pekerjaan yang kita terima di hari itu sangat banyak. Ditambah masih terbawanya perasaan bermalas – malasan di akhir pekan membuat tubuh kita terkejut terhadap situasi yang berlawanan ini. Dengan kita membuat jadwal apa – apa saja yang ingin kita kerjakan dari mulai hari senin sampai dengan jumat dapat menjadikan alam bawah sadar kita semakin lama menganggap bahwasannya hari senin pun tidak jauh berbeda dengan hari – hari kerja lainnya.

Memanfaatkan waktu libur sebaik – baiknya

Bermalas – malasan bukanlah hal yang baik kita lakukan di hari libur. Memang, kita harus memanfaatkan waktu libur kita untuk melupakan sejenak tentang pekerjaan kita. Namun bukan dengan bermalas – malasan di rumah. Kita dapat bersenang – senang dengan keluarga, melakukan aktifitas outdoor, menonton film yang kita suka di bioskop, karaoke bareng,  maupun yang lainnya. Jangan meremehkan hal – hal tersebut. Walaupun kita mungkin tidak dapat melakukannya setiap minggunya, namun dengan melakukannya dapat membuat tubuh kita merasa lebih gembira dan dapat meningkatkan mood kita.

Olahraga

Dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kata – kata bijak ini mungkin bisa menggambarkan kenapa hal ini bisa membantu. Dikarenakan stress merupakan salah satu penyakit mental, maka untuk membangun jiwa yang kuat, kita juga harus mempunyai tubuh yang sehat.

Olahraga disini tidakharus sesuatu yang berat, ribet, maupun mahal. Anda dapat melakukan olahraga – olahraga ringan, senam, yoga, dan lainnya.

Mengonsumsi Coklat

Sesuatu yang berlebihan, tidak akan baik untuk tubuh kita, Apapun bentuknya. Namun jika kita mengonsumsinya dalam kadar yang wajar, maka akan mempunyai kegunaan terhadap tubuh kita.

Didalam coklat, terdapat bahan yang mengeluarkan endorphins sehingga dapat membuat kita merasa gembira dan menghilangkan rasa resah dalam emosi kita. Selain itu, coklat terutama dark chocolate dapet berupaya meningkatkan mood dengan meningkatkan kadar serotonim dan endorphin dalam otak.

Makanan seimbang.

Seperti yang dibahas pada point sebelumnya, tubuh yang sehat juga dapat didapatkan dari apa yang kita makan. Saat tubuh kekurangan salah satu nutrisi, tubuh akan cepat lelah dan dapat mengakibatkan kita merasa jenuh, bosan, tidak mood, yang merupakan alasan kita menjadi stress. Dengan kita memakan makanan secara seimbang membuat tubuh menjadi lebih bugar dan mood kita pun tidak mudah turun.

Menenangkan pikiran

Luangkan waktu anda untuk sejenak memikirkan berapa nikmat yang telah kita dapat. Mensyukuri apa yang Tuhan beri untuk kita. Dengan kita mendekatkan diri kepada Tuhan akan membuat perasaan relax dan tenang didalam pikiran. Meringankan kepenatan dari segala hal yang mengganggu pikiran kita.

SUMBER

Journal of Proteome Research

https://www.vemale.com/karir/118450-menurut-psikologis-begini-cara-mengatasi-fobia-hari-senin.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here