Mengenal lebih jauh tentang Amigdala

bagian otak manusia
otak manusia

Saat timbangan bergeser ke kanan, apakah Healthizen suka merasa sedih dan kecewa? Nah, kejadian ini disebabkan oleh salah satu bagian di otak kita yang namanya Amigdala

Otak manusia merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Di sana merupakan pusat dari seluruh sistem saraf dalam tubuh. Di dalam otak sendiri, terdapat bagian – bagian  yang mempunyai fungsi masing – masing. Mulai dari hal yang kita anggap mudah seperti melihat, merasa, mendengar, hingga kegiatan kompleks seperti berpikir dan berlogika.

Di dalam otak, terdapat sistem yang sangat berperan dalam pembentukan tingkah laku emosi. Sistem ini disebut sistem limbik. Sistem limbik berfungsi mengatur emosi seperti sedih, marah, takut, hingga dorongan seksual. Sistem limbik terdiri dari beberapa bagian, salah satunya adalah Amigdala.

Amigdala merupakan kumpulan soma neuron yang terletak di bawah korteks ujung depan medial lobus temporalis, didepan dan sebagian diatas ujung kornu inferior ventrikel lateral. Amigdala berperan untuk peningkatan emosi, menghubungkan nilai emosional terhadap rangsangan, serta pembelajaran emosi.

Kemampuan untuk mengatur emosi kita sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, dan pengaturan emosi yang sukses melahirkan hasil yang bermanfaat dalam banyak situasi sosial. Pengaturan emosi adalah contoh klasik tentang bagaimana proses top-down dan bottom-up bersaing dan berinteraksi untuk menghasilkan hasil perilaku yang optimal (atau kontraproduktif). Misalnya, reaksi naluriah seseorang terhadap adegan menakutkan dalam film horor mungkin termasuk dorongan untuk berteriak dan / atau lari keluar ruangan. Biasanya, reaksi bottom-up ini dikendalikan oleh intervensi dari atas ke bawah (misalnya, mengingatkan bahwa ini hanya film). Dengan mempertimbangkan skenario yang dijelaskan di atas, tidak akan terlalu sulit untuk membayangkan bahwa setiap individu memiliki strategi yang berbeda untuk mencapai regulasi emosi semacam itu.

Sumber:

  • Buletin psikologi,  nomor 2, desember 1995
  • Jurnal  struktur otak dan keberfungsiannya pada anak dengan gangguan spektrum autis
  • Jurnal the structural and functional connectivity of the amygdala: from normal emotion to pathological anxiety

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here