Perut Kram Setelah Makan dan Langsung beraktivitas Berat?


Pernahkah kamu merasa perut menjadi kram setelah makan? Jika kamu perhatikan, biasanya perut kram setelah makan karena kamu melakukan aktivitas berat setelah makan. Kenapa bisa demikian? Apakah setelah makan tidak boleh beraktivitas? Simak jawabannya,yuk!

Pada dasarnya setiap saat tubuh kita bergerak maka otot-otot tubuh membutuhkan oksigen dalam menunjang pergerakkan tersebut, oksigen juga dibutuhkan pada proses pencernaan untuk mengolah makanan yang dimakan di dalam tubuh. Sehingga jika setelah makan kamu langsung beraktivitas berat seperti berjalan cepat ataupun berlari, proses pencernaan akan terdorong untuk bekerja lebih cepat dan lebih berat, sementara oksigen yang ada di dalam tubuh kamu akan lebih banyak disalurkan ke otot-otot tubuh lain yang bergerak aktif dan akibatnya saluran penceranaan kurang oksigen pada saat sedang memproses makanan dan menyebabkan perut menjadi kram.

Jika kamu diharuskan beraktivitas berat atau berolahraga setelah makan, maka berilah jeda 1 jam setelah makan baru beraktivitas berat ataupun berolahraga, selain itu sebaiknya yang konsumsi sebelum olahraga adalah buah-buahan karena buah-buahan lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan makanan berat. 

Lalu apa yang harus dilakukan setelah makan? Bukankah langsung tidur setelah makan juga tidak dianjurkan? Benar sekali.  Langsung tidur setelah makan dapat memberikan efektif negatif pada kesehatan tubuh, mulai dari kenaikan berat badan, penyakit nyeri lambung, hingga stroke.Hal ini terjadi karena proses pencernaan berlangsung saat kita sedang tertidur sehingga mengganggu proses pencernaan tersebut. Berilah jeda 2 jam setelah makan baru kamu disarankan untuk tidur.

Setelah makan sebaiknya kamu melakukan jalan-jalan santai dan tidak berlebihan karena dengan jalan-jalan santai kamu akan membantu oksigen lebih banyak masuk ke dalam tubuh, sehingga proses pencernaan makanan juga berjalan dengan lancar. Bagaiamana, sudah terjawab kan mengapa perut kamu suka kram setelah makan? Yuk, ikuti terus @seni sehat untuk mendapatkan info-info menarik lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here