Lingkar Pinggang, Lingkar Masalah?

Kenapa sih lingkar pinggang sangat penting? Bagian pinggang ini adalah bagian yang selalu tertutup sehingga kamu tidak akan memperhatikan secara detail mengenai ukuran pinggang ini. Padahal ukuran pinggang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Resiko kesehatan sangat dipengaruhi oleh jumlah lemak di dalam tubuh kita. Lemak yang tersimpan di pinggang sangat berisiko untuk penyakit seperti jantung, diabetes ataupun stroke. Jika kamu memiliki BMI normal (18,5 – 22,9) namun lingkar pinggang yang besar, maka kamu juga akan beresiko memiliki penyakit jantung, diabetes ataupun stroke.

Menurut Dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK, lingkar pinggang laki-laki tidak boleh lebih dari 90 cm sedangkan lingkar pinggang wanita tidak boleh lebih dari 80 cm. Lakukan pengukuran pinggang dengan menggunakan alat ukur. Jika kamu tidak memiliki alat ukur, maka bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu lakukan gerakan mencubit dipinggang. Hasil yang bagus adalah laki-laki tidak boleh lebih dari 2,5 cm sedangkan wanita tidak boleh lebih dari 1,5 cm.

Lingkar pinggang yang besar juga merupakan deteksi dini kadar lemak didalam tubuh. Lemak yang menumpuk di perut lebih berbahaya dibandingkan dengan lemak yang menumpuk dibagian lain seperti lengan, paha maupun pipi karena penumpukan lemak diperut terjadi di bagian organ atau biasa disebut dengan visceral fat. Visceral fat adalah lemak yang membungkus organ tubuh seperti misalnya hati, yang nantinya akan menyebabkan penyakit fatty liver. Visceral fat tidak bisa dihilangkan hanya dengan melakukan diet mengurangi makanan ataupun cara instan yaitu sedot lemak.  Karena lemak merupakan bagian yang paling sulit di metabolisme oleh tubuh maka satu-satunya cara untuk menghilangkan visceral fat adalah dengan melakukan olahraga rutin.

Ingin memiliki tubuh ideal dan sehat? Yuk lakukan pengukuran pinggang secara rutin mulai dari sekarang…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here