Yuk kenalan dengan kalori!

Hai Healthizen, sarapan apa hari ini? Bubur ayam, nasi kuning atau nasi uduk? Tahukah bahwa semua itu mengandung yang namanya kalori. Yuk, kenalan lebih jauh tentang kalori

Kalori adalah satuan unit dari energi. Energi ini berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Energi sangat berperan penting dalam kehidupan, tanpa energi, sel-sel tubuh bisa mati, sistem-sistem organ dalam tubuh bisa berhenti, serta tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Kalori merupakan kunci dalam membentuk tubuh ideal. Kebutuhan kalori dipengaruhi oleh berat badan, umur, jenis kelamin, tingkat aktivitas ataupun penyakit.

Nasi uduk yang menjadi sarapan Healthizen tadi pagi mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang nantinya akan dikonversi menjadi energi oleh tubuh kita. Adapun total kalori dari zat gizi yang masuk kedalam tubuh kita adalah :

1 gram Karbohidrat bernilai 4 kalori

1 gram Protein bernilai 4 kalori

1 gram Lemak bernilai 9 kalori

Untuk satu porsi nasi uduk, hanya nasi uduknya saja mengandung kurang lebih 430 kkal. Karena kalori yang dikonsumsi saat sarapan sudah tinggi maka perlu diperhatikan asupan kalori pada saat makan siang dan makan malam. Untuk mendapatkan asupan kalori yang sesuai kebutuhan tubuh tapi tidak mengundang rasa lapar maka jangan pilih makanan dengan tipe kalori boros. Makanan tipe kalori boros adalah makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi seperti  es krim, donat, biskuit, cake, pizza, sosis, minuman soda, dan minuman dalam kemasan lainnya. Makanan tipe kalori boros ini merupakan musuh bagi kesehatan. Healthizen akan susah mendapatkan tubuh ideal jika masih terbiasa mengkonsumsi makanan tipe kalori boros

Jika healthizen membeli makanan dalam kemasan, maka biasakan memperhatikan label nutrisi pada setiap makanan. Dalam label nutrisi itu tercantum berapa kalori dalam setiap takaran saji.

Berat badan akan bertambah jika kalori yang dikonsumsi lebih besar dibandingkan dengan kalori yang dibakar.

Hindari makanan tipe kalori boros, selain kalori boros, harga boros, berat badan boros, ukuran baju boros, muka juga boros (keliatan lebih tua dari umur yang seharusnya). Yuks,,,,mulai ubah pola hidup kita jika mau tetap hemat muka alias awet muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here