Buah Bagi Penderita Diabetes

Banyak orang yang memiliki anggapan bahwa penderita diabetes tidak disarankan untuk konsumsi buah karena mengandung gula tinggi. Apakah hal ini benar atau hanya mitos?

American Diabetes Association menyarankan penderita diabetes untuk memilih buah dengan indeks glikemik (GI) rendah. Indeks Glikemik merupakan indikator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Rasa manis dalam buah berasal dari fruktosa buah yang merupakan gula alami dan memiliki indeks glikemik rendah. Hampir semua buah memiliki indeks glikemik yang rendah dan semakin matang buah, maka semakin tinggi kandungan gulanya.

Penelitian yang dipublikasikan di tahun 2013 oleh British Medical Journal meneliti tentang efek dari diabetes dan konsumsi buah-buahan pada lebih dari 190.000 orang. Di dalam penelitian tersebut, para ilmuwan membandingkan efek dari memakan buah-buahan (terutama buah blueberry, anggur, dan apel) dengan diabetes. Hasilnya, ternyata memakan buah-buahan tersebut dapat menurunkan risiko mengidap diabetes tipe 2. Buah juga mengandung berbagai zat gizi, seperti vitamin, mineral, serat alami dan sumber antioksidan yang berperan penting bagi metabolisme tubuh penderita diabetes.

Menariknya meminum jus buah justru meningkatkan risiko terkena diabetes. Jus buah tentu saja mengandung gula, sekalipun tidak diberikan gula tambahan tetap saja ada gula alami dari buah yang terkandung didalamnya. Namun yang harus diperhatikan adalah satu buah itu hanya setara dengan sekitar 120 gram jus buah, sangat sedikit. Sehingga seseorang biasanya membuat jus buah dengan 2 – 3 buah baru bisa menghasilkan sekitar 350 gram jus buah. Buah memang baik bagi kesehatan namun tidak baik juga jika dikonsumsi sekaligus secara berlebihan, terutama bagi penderita diabetes, karena gula yang dikandung dalam jus buah sama dengan 2 – 3 kali dari memakan satu buah secara langsung.

Oleh karena itu bagi penderita diabetes sebaiknya konsumsi buah secara langsung tanpa diolah menjadi jus maupun dikeringkan. Konsumsi buah secukupnya, jangan berlebihan karena jika sekaligus secara berlebihan gula yang ada didalam buah akan terakumulasi di dalam tubuh dan dapat berdampak pada kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here