Prinsip-prinsip Dasar Olahraga (DR. Kardjono, M.Sc.)

prinsip olahraga

Yang dimaksud dengan istilah olahraga secara sederhana, sebenarnya adalah menggerakan otot-otot yang ada pada tubuh kita. Semakin banyak otot yang digerakan, maka hasilnya, akan semakin baik kualitas otot-otot pada tubuh kita.  Tidak perlu anda menyediakan waktu khusus bagi yang sibuk, tidak perlu fasilitas khusus kalau tidak memiliki apa-apa, tidak perlu harus pergi jauh-jauh karena kemacetan atau mencari tempat olahraga. Untuk menggerakan otot-otot, kita bisa melakukannya dimana saja anda tinggal dengan gerakan alami dari gerak dasar manusia.  Semakin sering kita lakukan gerak, maka hasil yang diperoleh adalah, semakin meningkat kebugaran fisik kita. Hal tersebut sangat memungkinkan terjadi, oleh sebab ketika anda bergerak, denyut jantung anda akan meningkat. Meningkatnya denyut jantung akan meningkatkan aliran darah untuk membawa oksigen yang dihisap oleh paru-paru ke tempat-tempat yang membutuhkan.  Dengan demikian bergerak akan meningkatkan kemampuan jantung, paru-paru, dan memperlancar aliran darah. Selain itu, gerak badan dapat menguatkan otot-otot tubuh dan juga meningkatkan kelenturan sendi-sendi tubuh.

Usahakan latihan gerak badan dilakukan secara teratur dan terus menerus berkesinambungan, artinya bukan hanya sesekali saja, tetapi bertahap semakin hari semakin sering dan semakin meningkat intensitasnya.  Jangan terlalu banyak berpikir untuk melakukan hal itu, hanya coba lakukan saja, apa yang anda bisa gerakan dari tubuh anda secara alami. Lama-kelamaan anda akan melihat hasilnya yang sangat mengejutkan, anda akan semakin sehat, semakin kuat, semakin ramping.  Kalau sudah demikian terbiasa, anda tidak perlu didorong lagi untuk berolahraga, tubuh anda nanti yang akan memintanya secara otomatis untuk berolahraga.

Berapa banyak berolahraga?, berapa lama waktunya?, janganlah menjadi beban dalam pikiran kita untuk berolahraga.  Lakukan saja sebanyak yang kita bisa lakukan, lakukan selama kita bisa melakukannya. Orang lain tidak bisa menjadi patokan untuk diri kita masing-masing.  Nanti lama-kelamaan, tubuh kita sendiri akan berpengetahuan.

Jadi sebenarnya begitu simpelnya yang perlu anda ketahui tentang prinsip olahraga itu? Olahraga sesungguhnya adalah gerak badan, yaitu menggerakan sebagian badan atau secara keseluruhan badan melalui kontraksi otot-otot kita.  Jadi yang dimaksud dengan olahraga adalah hanya berkisar tentang menggerakan badan. Bukankah pedoman ini sangat mudah dilakukan, anda bisa menggerakan badan sambil berdiri, duduk, ataupun berbaring, hal itu tidak menjadi persoalan selama anda tetap bisa bergerak.   

Agar kondisi fisik kita terus semakin bugar, gerak badan sedikit demi sedikit jumlah dan lamanya perlu ditingkatkan secara sistematis.  Yang dimaksud dengan sistematis adalah, dimulai dari gerakan yang paling ringan dan sederhana, kemudian sedikit-demi sedikit ditingkatkan kepada gerak yang lebih berat dan lebih komplek.   Latihan harus berkesinambungan, maksudnya adalah, jangan hanya dilakukan sekali waktu saja atau kalau hanya ada waktu saja. Sekurang-kurangnya olahraga dilakukan dalam selang satu hari istirahat untuk para pemula, dan lebih sering dilakukan oleh mereka yang lebih bugar. Semoga petunjuk dasar olahraga ini dapat menjadi pemacu semangat anda sekalian untuk berolahraga.  Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here