Olahraga Ringan VS Olahraga Berat

Hello healthizen! Penasaran ga sih apa perbedaan olahraga ringan dan berat? Secara definisi, olahraga ringan atau yang sering disebut kardio itu berfokus untuk mengurangi lemak tubuh dan juga membentuk tubuh, kedengaran nya cocok sekali untuk wanita bukan? Nah kalau olahraga berat itu biasanya berfokus untuk membentuk otot dan pengasahan kekuatan. Ingin tau lebih lanjut? Yuk simak tentang olahraga ringan vs olahraga  berat!

Olahraga ringan atau yang dikenal latihan kardio (kardiovaskular) adalah jenis olahraga yang paling mudah dan murah yang sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh khususnya untuk kesehatan jantung. olahraga kardio juga berfokus kepada menghilangkan lemak sehingga membentuk tubuh. Sedangkan olahraga berat berfokus pada pembentukan otot seperti latihan beban. lalu apa saja tips olahraga ringan dan olahraga berat bagi pemula?

1.Kardio sangat tepat untuk orang yang baru memulai rutin olahraga dibandingkan olahraga berat

Sebelum kalian memulai untuk olahraga otot sangat disararankan untuk melakukan kardio. karena kardio bermanfaat untuk kebugaran dan juga dapat mengurangi lemak terlebih dahulu sehingga saat melakukan olahraga berat akan membentuk otot dengan baik. Latihan kardio ada bermacam-macam yaitu: jalan cepat, jogging, lari, aerobik, dan sebagainya.

2.Kardio disarankan dilakukan setiap hari sedangkan olahraga berat  hanya boleh dilakukan 2 hari sekali

Mungkin kalian berfikir semakin sering berolahraga berat kalian akan cepat mendapatkan hasil yang maksimal, namun itu ada salahnya karena untuk kalian yang baru ingin memulai rutin olahraga justru badan harus mulai terbiasa dulu pada minggu pertama, setelah minggu kedua barulah memulai olahraga yang intens. olahraga berat berfokus pada pembentukan otot seperti latihan beban. Berbeda dengan olahraga berat, olahraga kardio dapat dilakukan setiap hari karena tujuan nya adalah untuk menghilangkan lemak, oleh karena itu tubuh kita harus mulai terbiasa se dini mungkin dalam melakukan olahraga kardio. Semakin tubuh terbiasa dengan gerakan nya maka lemak tubuh akan semakin berkurang.

Nah bagaimana healthizen? Sudah mulai paham kan dengan beberapa perbedaan di atas tadi? Yuk mulai rutin olahraga sesuai dengan kebutuhanmu sekarang juga. Sampai bertemu di artikel berikutnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here