Atlet esport Butuh Asupan Nutrisi Juga????

Asupan Khusus bagi Atlet E-Sport

Akhir-akhir ini nama salah satu cabang olahraga, yakni esport atau olahraga elektronik sedang melambung tinggi semenjak ASEAN Games 2018. Tak sedikit pula yang menjadi sponsor dan membentuk tim esport baru.

Olahraga elektronik atau ESport  merupakan suatu istilah untuk kompetisi permainan video pemain jamak, umumnya antara para pemain profesional. Aliran permainan video yang biasanya dihubungkan dengan olahraga elektronik adalah aliran Strategi waktu-nyata, perkelahian, Tembak-menembak orang-pertama, dan arena pertarungan daring multipemain. Turnamen seperti The International Dota 2 Championships, League of Legends World Championship, Battle.net World Championship Series, Evolution Championship Series, Intel Extreme Masters, menyediakan baik siaran langsung dari kompetisi juga hadiah tunai pada para kompetitor.

Apakah healthizen juga senang bermain video games? Atau justru healthizen berminat untuk bergabung dengan salah satu tim ESport? Namun, untuk menjadi atlet ESport ternyata butuh dukungan dari pola makan sehat loh healthizen.

Pasalnya, pola makan sehat dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga kesehatan mata yang terus menerus menatap layar laptop, smartphone, atau komputer. Berikut adalah menu-menu yang cocok dimasukkan dalam menu harian healthizen:

Sarapan Pagi:

1. Oatmeal⠀

Kandungan serat dalam oatmeal mampu mampu membentuk energi untuk menjaga stamina dan melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Serta Oatmeal juga mengandung vitamin B6 yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan. Kandungan anti depresan dalam oatmeal memiliki fungsi untuk meningkatkan konsentrasi.

2. Coklat Hitam⠀

Studi yang dilakukan Loma Linda University (LLU) itu menemukan hasil bahwa mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan berbagai kemampuan otak.

“Semakin tinggi konsentrasi kakao, semakin positif dampaknya terhadap daya kognisi, ingatan, suasana hati, imunitas dan efek-efek positif lainnya,” kata pimpinan kedua studi dan dekan asosiasi penelitian Loma Linda University, Lee S. Berk, seperti dikutip The Daily Meal.

Namun ternyata, cokelat hitam juga punya manfaat kesehatan positif lainnya. Di antaranya, cokelat hitam baik untuk jantung dan sirkulasi darah, mengurangi risiko stroke, kaya akan mineral, mengurangi kolesterol dan baik untuk kulit.

3. Telur⠀

Senyawa hadir dalam telur disebut kolin bertanggung jawab untuk meningkatkan konsentrasi. Tapi, usahakan untuk menyantap telur yang direbus bukan yang digoreng. Sebab, telur yang digoreng punya kalori lebih banyak.

Jadi kalo biasanya healthizen, sarapan dengan mie instant atau nasi goreng mungkin bisa diganti dengan oatmeal yang ditambah potongan buah, atau roti dengan cokelat atau telur rebus yang ditambahkan kedalam salad

Makan Siang:

1. Sayuran Hijau

Bayam, brokoli, peterseli dan kubis serta sayuran hijau lainnya memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Makan sayuran hijau secara rutin bisa menjaga pikiran tetap tajam. Bagi ibu hamil, makan sayuran hijau sangat baik untuk perkembangan otak pada janin dalam kandungan. Siapa yang sering nge skip sayur? Yuk konsumsi sayur khususnya healthizen yang suka esport nih!

2. Buah berry⠀

Salah satu buah berry yaitu Blueberry pun dijuluki “makanan untuk otak”, karena bisa meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat semua usia. Sehingga, rajin makan buah yang kaya flavanoid ini akan memperlambat gangguan memori yang biasanya terjadi dikarenakan faktor usia.

3. Ikan⠀

Ikan mengandung asam lemak sehat, yang disebut Omega-3, yang berperan penting dalam meningkatkan daya ingat dan melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Ikan yang mengandung Omega-3 paling besar adalah salmon, sarden, makarel, dan tuna.

Snack atau Makanan Selingan:

1. Blewah⠀

Kandungan antioksidan yang ditemukan dalam blewah bermanfaat untuk menjaga mata dari efek buruk sinar ultraviolet.

2. Wortel dan Kol

Kubis mengandung banyak beta karoten yang penting untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah katarak. Sedangkan dalam wortel, kandungan vitamin A sangat tinggi. Vitamin A ini merupakan vitamin yang sangat baik untuk mata. Anda bisa konsumsi wortel dalam bentuk masakan atau jus.

3. Pepaya⠀

Pepaya mengandung vitamin A dalam jumlah yang baik untuk penglihatan mata. Bahkan, pepaya mencegah risiko degenerasi mata macular.

Nah healthizen menu menu diatas bisa menjadi menu yang cocok kamu masukkan di sarapan , makan siangmu dan snack atau makanan selingan lho. Wah ternyata untuk menjadi atlet Esport juga perlu asupan khusus ya healthizen. Gimana udah siap jadi atlet ESport? Mulai dari menjaga asupan dulu ya healthizen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here