Sehat atau Bugar?

Selama ini banyak yang berpikir bahwa bugar itu sehat atau sehat itu bugar. Namun tau kah healthizen bahwa kedua kondisi tersebut berbeda? Lantas apa yang membedakan kondisi sehat dan bugar itu sendiri?

Menurut WHO (World Health Organization) sehat adalah suatu keadaan sejahtera sempurna dari fisik, mental, dan sosial. Kesehatan fisik adalah keadaan dimana seseorang tidak mengeluh atau merasa sakit pada tubuhnya dan semua organ tubuh berfungsi normal.  kesehatan mental meliputi pikiran, emosional dan spiritual. Kesehatan sosial adalah dimana seseorang mampu berinteraksi dengan orang lain secara baik. Hal ini menunjukkan bahwa kesehatan mencakup tiga aspek yang saling berkaitan satu sama lain, dan tidak hanya berarti bebas dari penyakit dan kelemahan.

Lalu bagaimana dengan bugar? Bugar merupakan kemampuan individu untuk melakukan fungsinya secara efisien dan efektif, serta mampu melakukan kegiatan darurat tanpa merasa lelah. Semakin bugar kondisi jasmani seseorang, maka derajat kesehatannya pun juga akan semakin meningkat.

Contohnya seseorang diharuskan berjalan sejauh 1 km, orang sehat mungkin akan lelah tetapi orang yang bugar tidak merasa kelelahan. Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa orang sehat belum tentu bugar, sedangkan orang bugar sudah pasti sehat. Status kebugaran dapat dinilai dari konponen kebugaran yang dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu:

1) komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan, meliputi: daya tahan jantung-paru, kekuatan dan daya tahan otot, kelentukan, komposisi tubuh

2) komponen kebugaran yang berhubungan dengan keterampilan, meliputi: kecepatan, koordinasi, power, kelincahan, dan perasaan gerak.

Jadi bugar dapat disebut sehat aktif. Karena tidak hanya sehat, tetapi tubuh dapat melakukan aktifitas tanpa mudah lelah.

Kesimpulannya, kebugaran dan sehat memang berbeda. Meski begitu, sehat dan bugar memiliki hubungan yang erat, karena seseorang yang berolahraga dengan rutin merupakan cara agar menjadi sehat secara fisik,mental dan sosial yang bertujuan menjadi bugar.  Nah gimana healthizen, sudah siap dong jadi sehat aktif?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here