Sauna Membakar Kalori ? Efektifkah dan Dampaknya Bagi Tubuh ?

Healthizen sudah menimbang berat badan belum hari ini? apa angkanya semakin bergeser kearah kanan? wah jangan jangan beratnya sudah kelebihan! Pasti sudah ga heran ya jika selalu panik saat kelebihan berat badan.

Kelebihan berat badan menjadi hal yang menakutkan bagi masyarakat saat ini, selain dapat menyulitkan untuk beraktivitas tetapi juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit degeneratif dan membuat kurangnya percaya diri akan penampilan yang dimiliki. Karena fenomena tersebut banyak orang mulai berbondong-bondong mencari cara untuk mengurangi berat badan dengan cepat dan mudah, salah satunya adalah dengan sauna atau mandi uap.

Apakah benar sauna bisa efektif menurunkan berat badan?? apa aja sih dampaknya bagi tubuh? begini nih penjelasannya.

Sauna adalah ruangan dengan suhu panas dan kering yang berfungsi untuk membantu tubuh mengeluarkan keringat dan membakar kalori. Dalam ruangan tersebut disediakan tempat duduk dan pemanas ruangan dengan suhu hingga 85 derajat celcius untuk menimbulkan panas sehingga orang yang masuk ke dalamnya bisa berkeringat. Sauna berguna untuk relaksasi, memulihkan tubuh dan membakar kalori, tapi apakah benar Sauna efektif untuk menurunkan berat badan?

Banyak orang menganggap bahwa sauna efektif untuk menurunkan berat badan karena dengan sauna tubuh banyak mengeluarkan keringat, sehingga banyak kalori yang terbakar. Pendapat itu kurang tepat Healthizen, karena kalori yang terbakar saat sauna tidak akan lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang terbakar jika kita melakukan olahraga.

Selain itu agar Healthizen tau bahwa maksimal hanya 15 menit seseorang boleh berada di dalam sauna, setelah 15 menit orang harus keluar untuk beberapa saat, setelah itu baru bisa masuk lagi ke dalam sauna selama 15 menit juga. Setelah selesai 15 menit kedua kali di dalam sauna, sudah tidak dianjurkan untuk masuk ke dalam lagi karena sauna yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Selain itu kandungan oksigen dalam ruangan sauna juga sangat minim, sehingga dapat membuat pernafasan terganggu.

Tubuh jika berada di dalam suhu ruangan yang sangat panas seperti sauna dapat meningkatkan detak jantung hingga hampir sama dengan saat berolahraga tetapi kalori yang terbakar saat sauna sangat sedikit sehingga sauna tidak efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu jika terlalu lama di dalam sauna hanya akan membuat tubuh dehidrasi dan lapar, sehingga biasanya orang setelah sauna akan mencari minuman dan makanan.

Jadi Healthizen, sesekali melakukan sauna tidak masalah karena bermanfaat untuk relaksasi mengurangi stress setelah bekerja seharian, namun tidak efektif untuk menurunkan berat badan. Sementara untuk program diet menurunkan berat badan pilihan yang paling ideal tetaplah dengan berolahraga teratur dan menjaga pola makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here