TIPS DASAR ATUR POLA MAKAN

Halo healthizen, kembali lagi dengan senisehat! Jika sebelumnya senisehat sudah membahas olahraga seperti apa yang dianjurkan bagi healthizen yang baru memulai olahraga, kali ini senisehat akan membahas mengenai bagaimana cara dasar mengatur pola makan terutama saat ingin menurunkan berat badan sehingga tubuh sehat dan ideal. Mengapa harus mengatur pola makan? Karena tubuh yang sehat dan ideal tidak akan mudah terbentuk jika hanya berolahraga rutin, namun pola makan tidak teratur atau masih suka makan yang tidak sehat.

Sebenarnya apasih pola makan itu? Pola makan adalah suatu cara atau usaha dalam pengaturan
jumlah dan jenis makanan dengan informasi gambaran dengan meliputi mempertahankan kesehatan, status nutrisi, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit (Depkes RI, 2009). pola makan memiliki 3 komponen yaitu :

  1. jenis makanan, yaitu sejenis makanan pokok yang dimakan setiap hari terdiri dari makanan pokok, Lauk hewani,Lauk nabati, Sayuran ,dan Buah yang dikonsumsi setiap hari
  2. frekuensi makan, yaitu beberapa kali makan dalam sehari meliputi makan pagi, makan siang, makan malam dan makan selingan (Depkes, 2013)
  3. jumlah makanan, yaitu banyaknya makanan yang dimakan dalam setiap orang atau setiap individu dalam kelompok.

nah karena sudah mengetahui komponen-komponen pola makan tersebut, berikut tips dasar mengatur pola makan (diet), yaitu:

Pertama-tama yang harus dimiliki healthizen adalah niat dan motivasi. niatkan diri sendiri bahwa berdiet karena termotivasi untuk sehat. Karena jika berniat untuk sehat maka akan lebih sayang dengan tubuh sehingga akan mengusahakan agar pola makan teratur dan akan menjadikannya gaya hidup karna tujuannya adalah untuk sehat. tentunya healthizen ingin sehat tidak hanya selama diet saja bukan?

Kedua, mulailah untuk memilih dari komponen apa dulu yang akan diatur, entah dari jumlahnya dahulu, frekuensinya dahulu atau jenis makanannya. tipsnya jangan langsung mengubah ketiganya secara langsung karena semua perlu ada tahapannya. untuk mudahnya, senisehat akan memberikan tipsnya yaitu :

1. mulailah dengan mengubah frekuensi makan terlebih dahulu. jika kamu biasa konsumsi makanan utama hanya 1 atau 2 kali sehari. nah cobalah untuk menggantinya dengan konsumsi makanan utama 3 kali sehari dan 2 x selingan (cemilan). wah enak bukan healthizen? diet tetapi malah konsumsinya 3x plus cemilan lho! nah pada tahap ini harus ditekuni ya healthizen karena dengan makan 3x sehari healthizen tidak akan dibiarkan kelaparan karna perut selalu terisi secara teratur. mengapa harus begitu? karena dengan begitu healthizen dapat mengontrol nafsu makan, dan tidak akan rakus jika melihat makanan jika sudah diatur frekuensi makannya.

2. selanjutnya adalah dengan mengatur jenis makanan. nah jika healthizen terbiasa mengonsumsi makanan hanya dengan makanan pokok dan satu potong lauk hewani, maka harus ditambah jenisnya ya healthizen! wah lagi-lagi ditambah healthizen. enak sekali ya dietnya? nah tambahkan lauk nabati, sayur dan buah dalam menumu ya healthizen! mengapa harus begitu? agar kebutuhan gizi seimbangmu terpenuhi healthizen jadi menu tersebut harus ada dalam sepiring makanmu ya healthizen!

3. komponen terakhir adalah jumlahnya healthizen! nah karena sudah mengatur frekuensi dan sudah mengatur jenis makanan, sekarang adalah jumlahnya ya. kurangilah secara bertahap dimulai dengan mengurangi jumlah konsumsi yang berlemak yaitu dengan ganti metode pemasakan untuk menu makan utama (dari yang digoreng menjadi olahan dengan perebusan, pengukusan atau ditumis), kurangi penggunaan santan, gula. jika sudah, kurangilah cemilan yang digoreng dan yang manis-manis seperti junk food, gorengan,  kue manis, sirup, coklat, permen,dll. 

Nah pola makan tersebut termasuk tips dasar untuk membentuk kebiasaanmu dahulu karena jika harus memulainya sekaligus dari awal maka healthizen akan sulit dan diet bisa berhenti ditengah jalan, dengan pola yang diatur maka tubuh akan terbiasa dan senang dalam menjalankan diet. eitsss tapi tidak berhenti disitu saja ya healthizen! jangan lupa hitung kebutuhan kalori yang dibutuhkan untuk program dietmu, agar dapat mengonsumsi sesuai jumlah kalori yang dibutuhkan dengan dasar dasar yang sudah dimiliki sehingga dietmu akan lebih mudah jika sudah memiliki pola makan yang sehat. healthizen hanya perlu mengurangi jumlah kalori yang masuk saja. Demikian tips-tips dasar yang bisa senisehat bagikan untuk healthizen memulai mengatur pola makan demi tubuh sehat dan ideal. Yuk, ikuti terus senisehat untuk dapat tips-tips lainnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here