Piramida atur pola makan

Hai Healthizen, masih ingat dengan artikel senisehat sebelumnya mengenai tips dasar mengatur pola makan? Dimana pada artikel tersebut dijelaskan bahwa untuk mendapatkan tubuh ideal Healthizen bisa mulai dengan mengatur pola makan secara bertahap salah satunya adalah mengurangi makanan manis dan berlemak. Apakah ada yang sudah berhasil atau malah ada yang masih merasa kesulitan untuk menjalankannya karena harus benar-benar berpisah dengan makanan yang disukai? Nah, kali ini senisehat akan memberikan alternatif cara mengatur pola makan demi tubuh ideal tanpa harus menghindari makanan yang kamu sukai. Tertarik healthizen? Simak, yuk!

Pertama yang harus healthizen lakukan adalah minum air putih 15 – 30 menit sebelum mulai makan, dianjurkan sebanyak 2 gelas air putih atau setara 400ml. Minum air putih sebelum makan memiliki manfaat bagi tubuh yaitu untuk membasahi saluran pencernaan sehingga makanan yang masuk bisa lebih mudah untuk dicerna. Selain itu, pada beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi air putih sebelum makan dapat membuat tubuh merasa kenyang sehingga setelah itu orang tidak akan makan dalam jumlah yang banyak.

Setelah minum air putih Healthizen bisa melanjutkan dengan makan buah-buahan terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan makan sayur sop atau sayuran, kemudian baru dilanjutkan dengan makan nasi dan lauk pauk. Masih ada makanan kesukaan Healthizen yang ingin dimakan? Makanlah setelah makan nasi dan lauk pauk. Makanan kesukaan ini berupa apa? Bisa berupa apa saja, bisa camilan, snack, minuman maupun lauk favorit semua bisa dimakan, namun setelah makan nasi. Jika pola makan seperti ini dibuat suatu gambar maka akan terbentuk seperti piramida dibawah ini.

        Setelah melihat piramida tersebut, sadarkah Healthizen bahwa senisehat sedang menerapkan strategi mengatur pola makan? Karena jika kita lihat dari piramida tersebut maka bisa diketahui bahwa porsi air, buah dan sayuran yang kita konsumsi akan lebih banyak daripada nasi dan lauk pauk maupun makanan kesukaan. 

 “Seseorang jika melihat makanan kesukaannya, pasti akan langsung makan makanan tersebut hingga puas atau perut kenyang. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika makanan yang disukai sehat bagi tubuh seperti buah atau sayuran, permasalahannya rata-rata orang menyukai makanan yang manis, berlemak atau jenis makanan lain yang tidak sehat jika dimakan terlalu banyak.” Tutur DR. Kardjono, M. Sc. “Oleh karena itu kita harus mengakalinya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat bagi tubuh terlebih dahulu seperti buah-buahan dan sayuran, setelah itu baru makan nasi dan lauk pauk, terakhir baru makanan lain yang kita sukai. Cara ini akan membuat seseorang mengkonsumsi nasi, lauk pauk dan makanan favorit lebih sedikit karena perut sudah merasa kenyang terlebih dahulu dengan air putih, buah dan sayuran.” 

Jika diterapkan secara rutin, hal ini akan melatih seseorang untuk mengkonsumsi makanan sehat lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang tidak sehat. Memiliki tubuh sehat dan ideal tanpa pantangan makan apapun juga tidak akan hanya dalam mimpi saja. Bagaimana Healthizen, tertarik untuk mengikutinya? Ikuti terus senisehat agar mendapatkan tips-tips lain untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here