Suplemen diet atau obat diet?


Hai healthizen! Sudah berusaha keras dalam penurunan berat badan, namun masih belum membuahkan hasil yang maksimal dan akhirnya terbuai dengan iklan obat diet atau suplemen diet? Nah, tapi sebenarnya healthizen itu tau ga sih bedanya obat diet dan suplemen diet? atau malah justru menganggapnya sama aja? atau ternyata ada bedanya?

Sebelum terlanjur termakan marketing obat-obatan atau suplemen diet, senisehat akan membuka mata healthizen! hehehe.. nah lanjuttt! jadi dimulai dari suplemen diet dulu ya. obat diet adalah sejenis obat yang mengandung bahan khusus yang berguna membantu menekan nafsu makan dan penyerapan gizi makanan. Obat diet berbeda beda cara kerjanya, ada yang dengan menekan nafsu makan, menghambat penyerapan lemak, atau meningkatkan pengeluaran energi. pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan, bahwa obat diet kebanyakan mengandung zat berbahaya dan tentunya akan menimbulkan dampak negatif jika dikonsumsi dalam jangka panjang. nah sedangkan suplemen diet adalah produk yang diklaim tinggi zat gizi untuk dikonsumsi sebelum makan agar membuat perut kenyang sehingga bisa mengontrol makan karena sudah kenyang atau bahkan ada yang dijadikan pengganti makan jadi hanya minum suplemen saja, contohnya seperti dalam bentuk susu. Tentu dengan suplemen diet seperti itu bisa menurunkan berat badan karena lebih dominan mengkonsumsi suplemen saja. diet apapun yang memangkas porsi makan pasti akan membuat turun. walaupun di klaim tinggi zat gizi tentu saja suplemen diet pasti memiliki efek samping yang sering tidak disebutkan. nah disinilah bahayanya healthizen! nah ini klaim berbahaya yang bisa menyesatkan karena membuat orang meminum suplemen ataupun obat diet tersebut jangka panjang tanpa berpikir mengenai resikonya. kenyataannya tidak ada suatu apapun, meski obat herbal sekalipun yang tidak ada efek sampingnya. Semua tergantung dari dosis, cara pemakaian, lama pemakaian, dan apakah tepat pemakaiannya.

jadi, dapat disimpulkan jika ingin konsumsi obat diet maupun suplemen diet harus dikonsultasikan dulu ke dokter agar diketahui kandungan obat tersebut dan berapa lama dapat dikonsumsi, lalu apa saja efek yang bisa ditimbulkan. jadi intinya semua cara diet yang instan, tidak hanya dengan obat atau suplemen, semua memiliki resiko masing-masing. jadi jika healthizen ingin diet pilih cara yang sehat ya healthizen dan konsultasikan dahulu dengan dokter jangan asal berdiet. ingat healthizen, tujukan dietmu untuk sehat bukan untuk langsing saja ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here