Gemuk dari Kecil? Benarkah Bawaan Genetik ?

Halo healthizen! sudah memasuki bulan kedua berat badan tak kunjung turun?? hmmm sudah coba dengan diet sehat belum healthizen?? atau sudah menyerah duluan karena ternyata riwayat di keluarga semua bertubuh gemuk?? ayah, ibu, kakek, nenek, sampai ke saudara sekandung tidak ada yang ramping?? waduh… itusih cemen banget kalo langsung nyerah! simak penjelasan dibawah ini yuk sebelum mengubur dalam-dalam niatan untuk memiliki tubuh ramping dan ideal! hihihi..

yakin tubuh gemuk 100% dari turunan?? atau biasa disebut genetik?? eitssss jangan yakin dulu healthizen!  ternyata menurut penelitian yang dilakukan International Obesity Task Force (IOTF) yaitu bagian dari WHO yang mengurusi masalah kegemukan pada anak, faktor genetik hanya berpengaruh 1 % dari kejadian obes pada anak sedangkan 99 % disebabkan oleh faktor lingkungan. nah faktor lingkungan itu seperti apasih?? faktor lingkungan mencakup perilaku gaya hidup seperti asupan makan seseorang dan tingkat aktivitas fisik yang dilakukan. Nah asupan makan dipengaruhi oleh pola asuh yang diberikan orang tua terhadap anak yang tentu menjadi pengaruh kegemukan sangat besar pada anak, selain itu juga kebiasaan konsumsi jajanan karena pengaruh dari teman, media sosial ataupun dari iklan-iklan di televisi. nah aktivitas fisik yang dilakukan juga dapat menentukan kegemukan lho healthizen! karena kegiatan di jaman serba instan, dimana mudah menemukan alat transportasi dan pekerjaan duduk didepan komputer membuat kurangnya akvifitas fisik lho!

Jadi faktor genetik hanya sebagian kecil faktor kegemukan lho healthizen! jadi jangan khawatir ya jika memang riwayat keluarga gemuk, tetap ada jalan untuk healthizen yang ingin menurunkan berat badan kok! jadi, untuk mengurangi resiko kegemukan pada keturunan keturunan selanjutnya adalah dengan mengatur pola asuh terutama dalam mengatur asupan makanan yang sehat dengan gizi seimbang. nah healthizen jadi kapan nih mulai diet? yuk cek artikel artikel sebelumnya untuk memulai dietmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here