Protein si zat pembangun

Hai healthizen! sudahkah kalian konsumsi protein?? hayooo sudah tau protein belum

?? kalo belum ya kenalan dulu lahhh! hihihi.. nah siapa yang masih berpendapat bahwa makanan berprotein hanya berlaku bagi atlet ataupun olahragawan untuk menambah massa otot?? hayo jujur… mending baca penjelasan dibawah ini yuk biar ga keliru dan salah kaprah lagi!

jadi, sebenarnya protein itu apasih?? Protein adalah zat gizi makro. Protein terdiri dari asam amino esensial dan asam amino non esensial. asam amino esensial tidak dapat diproduksi tubuh dan asam amino non esensial dapat diproduksi tubuh. Fungsi utama protein adalah sebagai zat pembangun. zat pembangun disini adalah sebagai proses pertumbuhan.  nah fungsi protein lainnya yaitu :

1.Pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan dan sel-sel tubuh

2. pembentukan anti bodi

3. mengatur keseimbangan air

4. mengganti atau memperbaiki sel-sel dalam jaringan tubuh.

Sumber protein dapat diperoleh dari protein hewani dan protein nabati. Protein hewani merupakan sumber protein yang lengkap dan stuktur asam aminonya hampir sama dengan tubuh healthizen, sumber protein hewani yaitu telur ayam, daging ayam, daging sapi, ikan.  protein nabati merupakan protein yang tidak mengandung semua asam amino esensial sehingga dianggap protein kurang lengkap. Sumber protein nabati yaitu tahu, tempe, kacang-kacangan. 

        nah karena fungsi protein adalah penting maka jangan disepelekan ya healthizen. Kebutuhan protein normal adalah 10-15% dari kebutuhan energi total, atau 0,8-1,0 g/kg BB. Nah jadi jangan lupa konsumsi protein harian yang cukup ya healthizen~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here