MANFAAT SERAT DI DALAM TUBUH

Hai, Healthizen! gimana halthizen udah mulai atur pola makan belum ? Atau sudah mulai rutin berolahraga? nah healthizen kali ini Senisehat akan membahas mengenai serat pangan lho! nah buat healthizen yang sedang melakukan program diet pasti udah gak asing dengan anjuran harus banyak konsumsi serat, tapi healthizen tau gak sih mengapa serat dibutuhkan oleh tubuh atau mengapa orang yang sedang diet disarankan untuk banyak konsumsi serat? nah simak yuk penjelasannya!

Serat pangan atau dietary fiber sebenarnya adalah kandungan alami pada tumbuhan yang bisa dikonsumsi dan tidak didapati pada hewan, oleh karena itu serat pangan bisa diperoleh dari sayur-sayuran maupun buah-buahan. Tubuh seseorang membutuhkan asupan serat pangan sekitar 25 – 30 gram per hari, dimana jika kebutuhan ini terpenuhi maka dapat membantu melancarkan proses pencernaan sehingga kondisi kesehatan usus terjaga dan melancarkan BAB.

nah healthizen, serat pangan terdiri dari 2 jenis lho! yaitu serat larut air dan tidak larut air.  nah yang pertama dulu nih ada serat larut air, jadi serat larut air adalah jenis serat yang akan menyerap air saat dicerna di dalam tubuh dan berubah menjadi gel yang dapat memperlambat proses pengosongan perut, dan akan membuat merasa kenyang lebih lama. Hal ini jelas dibutuhkan oleh Healthizen yang sedang menjalankan program diet karena perut kenyang bisa mencegah keinginan untuk ngemil. sumbernya apajasih??? nah sumber serat pangan larut air bisa di dapat dari apel, wortel, jeruk, jagung, dll.

Sementara untuk serat tidak larut air adalah jenis serat yang tidak bisa menyatu dengan air saat dicerna di dalam tubuh, karena bentuknya masih utuh sehingga perjalanannya di usus besar menjadi lebih cepat sehingga mencegah konstipasi, memperlancar proses pencernaan juga mengurangi resiko terjadinya kanker usus besar. Serat pangan tidak larut air bisa didapat dari brokoli, kacang-kacangan, gandum, dll. Pada dasarnya kedua jenis serta pangan tersebut sangat baik jika dikonsumsi oleh tubuh karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda bagi tubuh.

jadi jika dilihat dari sumber serat ternyata serat berasal dari makanan-makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, bukan dari hewani maupun makanan yang manis atau berminyak lho healthizen! Oleh karena itu bagi Healthizen yang ingin punya tubuh sehat dan ideal, ada baiknya perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan terutama sebagai pengganti cemilan healthizen yang kurang sehat. gimana healthizen?? udah tau kan serat itu apa?? jadi ikuti terus senisehat dan tunggu info-info kesehatan lainnya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here