Kenalan yuk dengan Omega 3 dan Omega 6!

Hai healthizen!! pasti sering denger kan omega 3 dan omega 6?? nah jaman sekarang yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak juga selalu dikaitkan dengan omega 3 dan omega 6 lho! tapi healthizen tau nggak sih sebenernya fungsi omega 3 dan 6 ternyata gak cuma itu aja lho. eitss sebelum panjang lebar healthizen udah tau belum sih apa itu omega 3 dan omega 6? nah simak penjelasan berikut yuk!

Jadi, Omega 3 dan Omega 6 ini merupakan asam lemak esensial healthizen. Asam lemak Omega 3 dan Omega 6 ini termasuk kedalam asam lemak tidak jenuh atau Poly Unsaturated Fatty Acid (PUFA). Nah asam lemak tidak jenuh esensial adalah asam lemak yang sebagian tidak bisa dibentuk didalam tubuh dan sebagian ada yang dapat dibuat namun tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari manusia, sehingga untuk mencukupinya harus ditambah dengan mengonsumsi dari bahan makanan lain. sumbernya biasanya yaitu lemak nabati seperti minyak bunga matahari, minyak zaitun, dan juga ada pada tumbuhan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Omega 3 atau bahasa kerennya Alpha Linolenic Acid adalah jenis asam lemak esensial. Asam lemak omega 3  dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu omega tiga juga berfungsi untuk anti-oksidan, anti-kanker, anti-osteoporosis, dan dapat melindungi jantung dan system saraf dari penyakit.

Omega tiga terbagi lagi menjadi Alpha Linolenic Acid (ALA), DHA, dan EPA. DHA dan EPA banyak terkandung dalam ikan laut dan rumput laut, sedangkan ALA banyak terdapat pada tumbuhan, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sedangkan Omega 6 lebih dikenal dengan linoleic acid yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dan metabolisme tubuh. Omega 6 terbagi dua, yaitu LA (Linoleic acid) dan CLA (Conjugated linoleic Acid). LA dapat diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sayur. Sedangkan CLA diperoleh dari daging dan produk susu dan olahannya.

Lalu apasih bedanya omega 3 dan 6? Selain perbedaan fungsi, dan nama,  perbedannya juga terletak di struktur ikatan rangkap pada atom karbon. Pada omega tiga ikatan rangkap dimulai dari atom karbon nomor 3, sedangkan pada omega 6 ikatan rangkap dimulai dari atom karbon nomor 6.

Nah healthizen, sekarang udah tau kan tentang  omega 3 dan omega 6?? yuk konsumsi omega 3 dan omega 6 sesuai kebutuhan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here