OTOT KUAT RAHASIA TUBUH SEXY (DR. Kardjono, M.Sc)

Nah healthizen pasti kalian sering mikir kalo otot itu hanya yang terlihat di luar tubuh yang terlihat kekar?? hayoo bener kann?? eitssss jangan salah healthizen! otot menjadi pelindung organ-organ tubuh bagian dalam lho! jadi jika otot diluarnya tidak terlihat bukan berarti tidak ada melainkan tertutup oleh lemak healthizen. Otot manusia merupakan sumber kekuatan dalam kegiatan hidup sehari-hari dan juga otot tubuh manusia dibentuk secara proposional, artinya jika kita memiliki otot-otot yang pegas, maka bentuk tubuh kita akan lebih baik dan seimbang. Nah bermanfaat banget kan si otot ni healthizen??

Nah masih inget ga healthizen sama pelajaran di sekolah dulu jenis jenis ada apa aja hayoo?? jadi, otot terbagi dalam tiga jenis yaitu; otot polos, otot jantung, dan otot lurik.  Otot polos terletak dibagian dalam tubuh kita seperti, di saluran pencernaan, di pernapasan, dan di pembuluh darah, sedangkan otot jantung bekerja untuk memompakan darah ke seluruh tubuh. Kedua jenis otot ini bekerja dengan sendirinya secara otomatis di luar kendali kita.   wah hebat kan healthizen??

Otot lurik adalah otot-otot yang menempel pada tulang-tulang dan bekerja di bawah kendali kita.  Meskipun otot polos dan otot jantung bekerja secara otomatis, akan tetapi fungsinya tidak akan lebih baik jika otot-otot lurik tidak dilatih dengan baik.  Artinya, dengan melatih otot-otot lurik, maka otot polos dan otot jantung akan berfungsi dengan lebih baik, bahkan jika anda berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan daya tahan, kelentukan, keseimbangan, kecepatan, semua tidak ada jalan lain kecuali melalui pergerakan otot-otot lurik di tubuh kita.   

Untuk melatih otot-otot kita, tidak ada cara lain selain dengan melawan tahanan/resistance.  Tahanan bisa berupa beban yang dibuat seperti barbell atau dumble atau beban dari tubuh kita sendiri seperti pada latihan sit up, push up, squat, pull up, dll.

Pada prinsipnya, ada dua cara latihan beban, yaitu bila beban yang diangkat relatif ringan, maka sasarannya adalah untuk melatih daya tahan otot, jika beban yang diangkat relatif berat, maka latihan ditujukan untuk melatih kekuatan.  Kedua prinsip ini bisa dilakukan berganti-ganti sesuai dengan keinginan anda.

Latihan daya tahan otot umumnya tidak banyak membuat pembesaran pada kapasitas ototnya  (muscle hypertrophy) akan tetapi latihan ini lebih banyak kegunaannya pada pembakaran lemak-lemak  di tubuh, sedangkan latihan dengan beban yang lebih berat, akan berpengaruh lebih besar pada pembentukan otot.

Nah buat healthizen yang pemula disarankan untuk latihan daya tahan otot sebagai dasar latihan weight training, kemudian langkah berikutnya adalah latihan kekuatan otot sambil tetap latihan daya tahan otot.  Setelah healthizen cukup kuat dalam angkat beban, bentuk tubuh semakin baik. Lalu langkah selanjutnya adalah pembentukan, yaitu menambah beban latihan pada otot-otot yang masih kurang terlihat baik dengan berbagai variasi latihan.  Dengan latihan beban ini, maka healthizen akan mendapatkan bentuk badan yang indah dan seimbang. Kalau laki-laki tampak lebih gagah, sedangkan perempuan akan terlihat lebih sexy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here