Protein Untuk Pembentukan Otot Kuat dan Besar

Hai healthizen! pasti kalian sering denger protein kan? nah pada tau ga nih protein itu apa? untuk apa? jenis-jenisnya apa? trus trus ada di bahan makanan apa aja?? hayooo jangan jangan cuma denger doang tapi gak tau segala tentang protein lagi.. nah sebelum ngomongin jauh jauh tentang salah satu manfaat protein untuk pembentukan otot mending kenalan dulu yuk healthizen sama protein!

Protein merupakan salah satu zat gizi makro. Protein disebut dengan zat pembangun. mengapa zat pembangun? karena protein membantu dalam proses pertumbuhan. Tidak hanya itu, protein juga berfungsi untuk mengganti atau memperbaiki sel-sel dalam jaringan tubuh yang rusak. nah peran protein juga salah satunya adalah pembentukan otot lho healthizen!

Setelah healthizen berolahraga mengangkat beban maka otot akan rusak. Nah dengan mengonsumsi protein maka akan mempercepat perbaikan dan membangun otot. Pembentukan otot setelah berlatih angkat beban adalah 24 jam. Dianjurkan untuk konsumsi protein 1,2-1,5 gr/kg/hari dalam peningkatan otot dan pilih makanan yang mengandung protein yang lengkap ya healthizen. nah protein lengkap dan sempurna itu seperti apa sih?

Nah protein sendiri memiliki 2 jenis yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein nabati adalah protein yang tidak mengandung semua asam amino esensial sehingga dianggap protein kurang lengkap. Sumber protein nabati yaitu tahu, tempe, kacang-kacangan.

Sedangkan protein hewani adalah protein yang mengandung semua asam amino esensial sehingga disebut protein lengkap. Sumber protein hewani yaitu : Telur ayam, daging ayam, daging sapi, ikan.

nah, jadi jika ingin membangun otot tidak hanya rutin mengangkat beban ya healthizen tetapi juga nutrisi untuk otot tersebut harus diperhatikan. Terutama asupan proteinnya. walaupun begitu, tidak melulu konsumsi protein ya healthizen. Tetapi juga nutrisi lainnya seperti karbohidrat, lemak, vitamin , mineral dan serat. Karena bagaimanapun protein hanya fokus pada pembentukan otot tetapi tubuh juga butuh nutrisi lain untuk sumber energi. Nah tunggu apalagi healthizen? yuk bentuk ototmu dengan latihan dan nutrisi yang tepat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here