Pegal saat olahraga belum tentu cedera??

Hai healthizen! Sudah berolahraga belum hari ini?? Atau malas olahraga karena pernah cedera?? Atau malas olahraga karena pernah pegal-pegal?? Eitss tunggu dulu healthizen! Jadi pernah cedera atau pegal-pegal?? Lah emang cedera dengan pegal berbeda ya?? Ternyata beda lho healthizen! Nah healthizen tau gak sih bedanya cedera dan pegal pegal??? Simak penjelasannya yuk!

Cedera adalah akibat aktifitas yang melebihi kemampuan healthizen. Cedera itu seperti robek otot dan terkilir(keseleo). Nah biasanya cedera terjadi saat keadaan otot masih dingin dan peredaran darah yang belum siap. Otot yang dingin itu mengkerut, jika sedang mengkerut lalu langsung berolahraga maka otot akan ditarik sehingga bisa robek ototnya. Peredaran darah yang belum siap juga bisa menyebabkan terkilir atau keseleo healthizen. Sedangkan pegal itu akibat penumpukan asam laktat. Penumpukan asam laktat disebabkan kurangnya oksigen. Nah pegal terjadi saat seseorang menggunakan otot yang tidak biasa digunakan maka menekan saraf sehingga sakit.

Lalu bagaimana mencegah cedera dan pegal?? Nah untuk mencegah cedera adalah dengan stretching  dan mencegah pegal dengan membiasakan olahraga serta stretching. Stretching adalah peregangan yang dilakukan sebelum olahraga dan setelah olahraga. Stretching sebelum olahraga atau pemanasan diperlukan agar otot menjadi panas dan peredaran darah sudah siap.  Sedangkan stretching setelah olahraga atau pendinginan diperlukan agar otot ditarik kembali seperti semula . Nah dengan stretching tentu dapat menghindari cedera dan pegal lho healthizen. Nah juga dengan membiasakan olahraga maka tidak akan mudah pegal healthizen karena otot sudah terbiasa digunakan dan bisa mengatur oksigen dengan baik sehingga tidak terjadi penumpukan asam laktat.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur cedera atau pegal-pegal?? Cara mengatasinya adalah dengan beristirahat. Jika pegal pegal biasanya dengan diurut sudah bisa pulih. Idealnya dalam berolahraga yaitu 1 hari untuk berolahraga dan 1 hari untuk istirahat kemudian baru olahraga kembali. Jadi jeda istirahat yang disarankan adalah 1 hari sebelum memulai kembali olahraga jika hanya pegal-pegal. Jika masih cedera, tunggu sampai benar-benar pulih dulu ya healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here