Puasa Untuk Penderita Maag?

Hai healthizen gimana puasanya?? Lancarkah?? Atau ada yang bermasalah karena perut sakit akibat maag?? Healthizen tau gak sih ternyata penderita maag tidak semua bisa berpuasa lho! Eitsss sebelum maag nya bertambah parah, simak dulu artikel berikut healthizen!

Pada umumnya, Maag sering disebut-sebut sebagai penyakit pada lambung. Nah faktanya, Maag itu bukan bahasa kedokteran healthizen. Sakit pada lambung terdiri dari 3 jenis yaitu GERD ( Gastroesophageal Reflux Disease), Dispepsia dan Gastritis.  Yang pertama yaitu GERD yaitu kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esophagus (reflux). Selanjutnya Dispepsia merupakan perasaan tidak nyaman atau nyeri pada abdomen bagian atas atau dada bagian bawah. Nah dispepsia dianggap maag yang paling ringan healthizen. selanjutnya ada Gastritis yaitu proses inflamasi pada mukosa dan submukosa lambung. Nah salah satu penyebab gastritis yaitu infeksi pilori dari bakteri helicobacter pilori.

Nah untuk healthizen yang menjalankan puasa, harus cek dahulu sebab dari sakit lambung itu jenisnya apa dan tentunya konsultasikan ke dokter dahulu apakah boleh berpuasa atau tidak.  Karena pada penderita maag yang sudah kronis, perut tidak boleh kosong dalam waktu yang lama dan sebisa mungkin konsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering (PKTS) karena jika tidak maka bisa memperparah sakit maagnya. Sedangkan saat puasa perut kosong selama lebih dari 12 jam healthizen.

Jika diperbolehkan puasa, konsumsilah obat yang sudah diresepkan dokter, kemudian hindari makanan yang merangsang seperti pedas dan asam, kurangi yang tinggi lemak dan hindari makanan yang bergas saat sahur ataupun saat buka puasa. Kenapa sih harus menghindari makanan tersebut?? Karena Makanan yang asam dapat membuat pH dilambung menjadi rendah sehingga lebih asam , makanan yang pedas dapat membuat perut terasa lebih panas karena sifatnya yang iritatif sedangkan makanan yang bergas dan berserat tinggi dapat membuat lambung bekerja lebih berat

Nah healthizen, jadi jika ingin puasa namun memiliki penyakit maag konsultasikan dulu pada dokter ya jangan sampai malah memperparah maag nya ya healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here