DIET??

DHai Healthizen! Pasti udah gak asing lagi dengan kata ini kan?? dari artikel sebelumnya pun cukup sering dibahas mengenai kata “Diet”.  eitsss tapi kali ini lain healthizen! nah pada artikel kali ini akan dibahas apasih diet itu sebenernya, dan apakah selalu berhubungan dalam menurunkan berat badan?? nah simak dulu artikelnya healthizen!

Dalam kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga terbitan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) tahun 2009 disebutkan bahwa diet memiliki arti sebagai pengaturan pola dan konsumsi makanan serta minuman yang dilarang, dibatasi jumlahnya, dimodifikasi, atau diperbolehkan dalam jumlah tertentu  untuk tujuan terapi penyakit yang diderita, kesehatan, atau penurunan berat badan.

Jadi dari penjelasan diatas, diet itu bukan sekedar menurunkan berat badan lho healthizen! nah pada dasarnya diet artinya mengatur pola makan untuk tujuan kesehatan dan mencapai berat badan ideal. jadi bisa juga untuk menaikkan berat badan lho. Dalam menentukan diet tentunya harus tau dulu tujuannya untuk apa, kemudian baru menentukan jenis dietnya. Nah tentu saja diet ini mengatur makanan yang terdiri dari jenis, jumlah dan frekuensinya.

Untuk jenis makanan yaitu terdapat bahan makanan yang dianjurkan dan yang tidak dianjurkan. Jumlah makanan yaitu banyaknya bahan makanan yang dikonsumsi berdasarkan kebutuhan kalorinya dan frekuensi yaitu jadwal makan yang ditentukan.

Contohnya ada pada orang yang memiliki kadar kolesterol dalam tubuhnya terlalu tinggi, mereka disarankan melakukan diet rendah lemak dengan tujuan agar kolesterol dalam darahnya tetap dalam kisaran normal, sehingga mereka mendapat larangan makan sumber lemak yang terlalu tinggi, contohnya kuning telur. Dengan tidak mengonsumsi kuning telur tandanya mereka sedang berdiet. Namun bukan berarti mereka tidak mengonsumsi sumber lemak, penderita kolesterol mengatur makanannya dengan mengganti sumber lemak yang biasa dikonsumsi dengan lemak tidak jenuh, seperti memperbanyak makan ikan, dan mengganti penggunaan minyak dari minyak kelapa sawit menjadi minyak dari bunga atau jagung.

nah jadi diet itu sangat banyak sekali macamnya lho! terdapat diet DM, diet rendah garam, diet jantung, diet rendah protein, dll. Jika healthizen ingin menurunkan berat badan maka sebutannya adalah diet rendah kalori. Karena tujuan diet adalah untuk kesehatan nah untuk orang yang sehat maka juga harus diet agar terjaga kesehatannya. Pernah dengar balanced diet? Yang berarti Diet Seimbang yang sudah dibuatkan pedomannya oleh kementrian kesehatan yaitu pedoman gizi seimbang. Tujuan dari gizi seimbang adalah agar makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas healthizen. nah dengan begitu fungsi tubuh berjalan normal tanpa adanya kelebihan dari salah satu zat gizi yang dapat menimbulkan penyakit akibat rusaknya salah satu organ tubuh.Nah healthizen jadi diet bukan hanya menurunkan berat badan ya! jadi jangan kaget jika kamu sedang terkena sakit lalu dibuatkan diet malah komplain. hihi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here