Mengapa diet beraneka ragam?

Hai Healthizen, kalian pernah nggak sih pengen ikut satu macam diet, tapi ternyata dietnya nggak ampuh buat kalian? Okedeh, mending coba simak yuk artikel dibawah ini biar tau nih kenapa gak cocok dengan diet tertentu sedangkan orang lain cocok.

Manusia dilahirkan masing-masing dengan genetika yang berbeda, dengan genetika yang berbeda tersebut menyebabkan laju metabolisme masing-masing manusia berbeda sesuai ekspresi gen masing-masing. Ekspresi gen tersebut diatur oleh beberapa protein. Ekspresi gen-gen tersebut yang menyebabkan perbedaan kecepatan penyerapan dan pemecahan zat gizi yang dikonsumsi oleh masing-masing orang berbeda. Perbedaan kecepatan metabolisme zat gizi tersebut lah yang menyebabkan cocok atau tidaknya, berpengaruh atau tidaknya satu diet tertentu ke tubuh healthizen. Atau contoh lebih mudahnya belum tentu respon tubuh healthizen satu dengan konsumsi karbohidrat misalnya, akan sama dengan respon healthizen yang lain bila mengkonsumsi karbohidrat yang sama. Ada beberapa komponen zat gizi esensial yang bila dikonsumsi  dapat mempengaruhi perubahan aktivitas gen dari masing-masing individu, yaitu karbohidrat, asam amino, asam lemak, kalsium, zinc, selenium, folat, vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

Nah dari perbedaan laju metabolisme tersebut hadirlah bermacam-macam diet yang dikenali saat ini. Para ahli sekarang juga sedang giat mengembangkan ilmu yang bernama nutrigenetik yang mempelajari bagaimana gen bereaksi terhadap suatu zat gizi yang dikonsumsi oleh kita, dan nutrigenomik yang mempelajari bagaimana makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi gen yang ada dalam tubuh, sehingga kemungkinan di masa yang akan datang masing-masing dari individu memiliki anjuran diet yang berbeda sesuai genetik masing-masing individu. Dari perkembangan nutrigenetik dan nutrigenomik ini juga diet-diet bagi penderita penyakit diabetes, kanker dan penyakit lainnya dikembangkan.

Nah healthizen jangan sedih bila tidak manjur melakukan diet tertentu, bisa jadi memang tidak  cocok dengan metode diet tersebut! eitsss juga jangan asal sembarangan ikut diet-diet tertentu lho ya! Bila ingin sehat diet lah dengan diet dengan prinsip gizi seimbang, dan juga bersamaan dengan aktifitas fisik yang cukup. Agar tidak salah dan beresiko saat diet, disarankan untuk konsultasikan pada ahlinya dulu ya healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here