Anorexia dan Bulimia Berbeda ?!

Hai Healthizen! Menurutmu anorexia nervosa dan bulimia itu apa sih? Wah jangan-jangan cuma taunya kurus aja?? Daripada salah tebak, yuk kita bahas tentang anorexia dan bulimia!

Jadi, pada dasarnya anorexia nervosa adalah kondisi seseorang dengan psikis/ psikiatri yang terganggu dan mengakibatkan kondisi tubuh yang sangat kurus. Pola pikir yang takut akan gemuk, pertahanan untuk kurus, atau persepsi lingkungan yang mengakibatkan tidak nafsu makan, asupan sangat kurang dari kebutuhan, dan akhirnya sesuai apa yang diinginkan penderita, yaitu sangat kurus.

Tapi Healthizen, salah satu penyebab psikis yang terganggu ini bisa dari penyakit yang diderita lho, seperti kanker, tbc, dan lain sebagainya. Kok bisa? Karena, penyakit ini menyebabkan asupan makan berkurang dan berat badan akan turun hingga lebih dari 15% yang nantinya ada gangguan organ tubuh (ginjal, otot, atau yang lainnya).

Nah, sama halnya dengan anorexia, bulimia pun merupakan gangguan psikis lho Healthizen! Tetapi, pada penderita bulimia biasanya akan memuntahkan kembali makanan yang sudah dikonsumsi, atau ia akan makan sebanyak-banyaknya dan setelah itu konsumsi obat diet, bahkan konsumsi obat anti depresan. Jika terus menerus seperti ini, penderita akan mengalami GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau berbaliknya makanan di lambung ke kerongkongan dengan rasa terbakar di dada. Namun pada penderita bulimia belum tentu kurus sedangkan penderita anorexia sudah pasti kurus.

Ngeri banget kan Healthizen?! Lalu pencegahan dan penangannya gimana?

Pencegahan dan penanganan bisa dilihat dari penyebabnya ya Healthizen! Kita harus sadar akan dampak anorexia dan bulimia nervosa yang akan membahayakan organ tubuh kita. Selain itu, dilakukannya treatment yang berhubungan dengan psikiatri, atau jika dari penyakit bisa dilakukan pengobatan secara medis.

Nah Healthizen, jangan hanya terpaku pada kurusnya saja ya! Tubuh kita juga harus sehat lho! Jangan sampai terserang penyakit hanya karena termotivasi untuk sangat kurus. Semua yang terpenting adalah mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan untuk dikonsumsi dan selalu jaga pantau berat badan ideal ya Healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here