Dampak Efek Yoyo Menyeramkan ??

Hai healthizen! Sudah baca artikel diet yoyo sebelumnya belum?? Buruan baca dulu deh! hihi.. Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas apa itu diet yang yoyo,disebutkan bahwa Efek Yoyo (Yoyo Diet) biasanya terjadi pada orang-orang yang melakukan diet dengan ketat, kemudian setelah berat badannya turun tidak bisa mempertahankan sehingga malah menyebabkan peningkatan berat badan yang drastis bahkan bisa melebihi berat badan awal. Nah healthizen tau gak aih apa saja  dampak yang akan ditimbulkan? Nah simak yuk penjelasannya!

Pertama, malnutrisi. Malnutrisi disini bukan malnutrisi seperti marasmus atau kwasiorkhor ya Healthizen, karena Marasmus dan Kwasiorkhor merupakan kondisi gizi anak yang sangat kurang terutama pada energi dan proteinnya. Malnutrisi sendiri pengertiannya adalah mal yang artinya salah, dan nurtisi adalah gizi, yaitu keadaan dimana tubuh mengalami kekurangan atau kelebihan zat gizi, tepatnya kondisi zat gizi didalam tubuh kita sedang tidak sesuai. Nah diet yoyo ini akan menyebabkan malnutrisi yaitu kekurangan zat gizi yang kita butuhkan. Malnutrisi ini akan membuat tubuh kita menjadi lemas, sulit fokus dan mudah terserang penyakit. Nggak mau dikit-dikit sakit kan Healthizen?

Kedua, Depresi. Diet ekstrim dapat memicu kelelahan psikologis. Kalau dietnya gak dibawa senang akan capek jalaninnya, mau makan ini takut kalorinya besar, mau makan itu takut bikin gemuk, terus harus makan apa dong? Ketika berat badan berhasil turun dan tidak melakukan diet lagi, yang akan terjadi adalah berat badan akan naik, bahkan bisa naik dua kali lipat loh Healthizen! Ini yang membuat orang kadang stress, akhirnya trauma dan nggak mau mencoba untuk berdiet kembali. Turunnya sedikit, naiknya banyak, ditambah perasaan stress tadi akan meningkatkan hormon stress yang lama kelamaan akan memacu timbulnya penyakit tidak menular.

Ketiga, kehilangan massa otot terjadi karena ketika terjadi penurunan berat badan terlalu cepat, tubuh akan kehilangan lemak otot karena adanya proses pembakaran lemak otot untuk energi. Proses ini adalah cara alami tubuh untuk mengurangi rasa lapar. Proses ini sebenarnya tidak sehat, karena jika kadar lemak berkurang maka tubuh akan kehilangan sebagian dari massa otot.

Keempat, disfungsi usus. Tau gak sih Healthizen kalau di dalam usus terdapat banyak sekali mikroba yang berfungsi untuk menyeimbangkan sistem pencernaan? Nah kalau kita dietnya tidak sesuai anjuran, keseimbangan bakteri sehat di usus akan terganggu dan dikhawatirkan akan terjadi infeksi saluran pencernaan.

Nah, penjelasan di atas merupakan gambaran yang akan terjadi bila kalian terlalu sering melakukan yoyo diet. Sempat beredar bahwa yoyo diet menyebabkan kanker, tapi penelitian American Cancer Society menyanggah pernyataan tersebut. Tapi healthizen jangan jangan jadikan alasan untuk tidak diet ya! Karena nantinya akan ada penyakit yang menyerang bila kita obesitas. Perlu di ingat, kalau Healthizen ingin berdiet harus sesuai anjuran dan kondisi masing-masing ya! Jangan lupa untuk konsultasikan pada ahli agar dietnya tidak sembarang. Ingat yaa Healthizen,diet sehat diet senang!



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here