Stres = Biang Penyakit ?!

Pernah kan Healthizen mendengar pernyataan kalau cara menghindari penyakit cukup melakukan tiga hal yaitu atur makanan, rutin olahraga dan kelola stres? Atau mungkin Healthizen pernah mendengar dokter bertanya kepada pasiennya apakah pasien punya beban pikiran yang berlebihan? Ya, karena stres memang salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan seseorang. Loh, kok bisa? Apa hubungannya beban pikiran berat dengan kesehatan tubuh? Dibaca dengan cermat yuk Healthizen!

Ketika sedang stres, ada tiga hormon yang meningkat di dalam tubuh loh! Ada Hormon Adrenalin, Norepinephrine dan Kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar Adrenal. Ketiga hormon tersebut diperlukan saat Healthizen sedang stres karena bermanfaat untuk membuat Healthizen tetap fokus pada masalah, menjadi lebih waspada, meningkatkan energi, sehingga bisa menghindari bahaya, serta memutuskan reaksi ketika stres muncul.

Jika stres berlangsung lama dan membuat ketiga hormon tersebut (terutama hormon Kortisol) terus diproduksi hingga berlebih, bisa menyebabkan berbagai macam penyakit loh Healthizen!

Tingginya hormon kortisol di dalam tubuh secara berkepanjangan dapat mengganggu beberapa fungsi fisiologis dalam tubuh diantaranya adalah :

  1. Gula darah tidak seimbang, sehingga dapat memicu diabetes
  2. Memicu kerusakan pada pembuluh darah, hingga dapat menyebabkan berbagai penyakit jantung
  3. Gangguan sistem pencernaan sehingga terjadi penumpukan lemak dibagian perut
  4. Menurunkan sistem imun dalam tubuh

Itu dia beberapa penyakit yang bisa disebabkan karena stres berkepanjangan. Ngeri kan Healthizen?? Oleh karena itu ada baiknya untuk menghindari stres dan selalu berpikir positif. Selalu perhatikan waktu tidur, atur pola makan, dan rutin berolahraga ya Healthizen! Ikuti terus informasi kesehatan lainnya yaa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here