Pola Hidup Sehat Rahasia Hidup Sehat

Hai healthizen! Siapa sih disini yang tidak mau sehat?? Tentu setiap orang di dunia ini pasti ingin sehat kan?! Nah healthizen tau gak sih arti sehat itu sendiri? Menurut WHO, sehat adalah keadaan sejahtera secara fisik, mental dan sosial yang tidak hanya bebas dari penyakit atau kecacatan. Konsumsi obat-obatan saat sakit bukan solusi hidup sehat, jika tidak dibarengi dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Jadi apakah healthizen sudah menjalankan pola hidup sehat?

Pola hidup sehat merupakan kebiasaan baik yang diterapkan berulang dalam kehidupan sehari-hari untuk memelihara kesehatan pada jangka waktu yang lama dengan tujuan agar terhindar dari berbagai penyakit. Pada saat ini sebagian besar penyakit yang diderita oleh seseorang berasal dari pola hidup yang buruk. Berbagai penyakit yang bisa timbul antara lain hipertensi ,jantung, diabetes, kanker, dan sebagainya.

Nah healthizen tau gak nih pola hidup sehat seperti apa?? Berikut beberapa  tips pola hidup sehat yang dapat diterapkan healthizen :

1.Rutin mengecek kondisi kesehatan ke dokter

Healthizen periksa ke dokter saat sudah sakit? Eitss itu kurang tepat ya! Justru sebaiknya kita periksa ke dokter agar tercegah dari penyakit. Karena itu, cobalah luangkan waktu untuk memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin. 

2. Melakukan aktivitas fisik (olahraga)

Setiap harinya kita dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik terutama olahraga minimal 30 menit sehari. Dengan melakukan aktivitas fisik akan memberikan kesehatan dan kebugaran kepada kita agar tidak mudah terserang penyakit. Olahraga mudah yang dapat dilakukan, seperti jalan santai, senam, jogging, bersepeda dan sebagainya. 

3. Konsumsi makanan dengan Gizi Seimbang

Gizi seimbang yaitu konsumsi makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh atau seimbang.

4. Hindari kebiasaan buruk

Beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari seperti merokok, konsumsi makanan yang manis atau tinggi lemak, minum alkohol dan begadang. Nah kebiasaan tersebut wajib dihilangkan ya healthizen!

5.    Kelola stres dengan baik

Nah healthizen cara mengatasi atau menghindari stres bisa dengan melakukan yoga, menjalani hobi yang sudah jarang dilakukan, atau liburan dengan orang terdekat.

6.    Istirahat yang cukup dan teratur

Istirahat yang cukup merupakan hal yang penting agar hidup menjadi sehat. Para ahli berpendapat minimal kita tidur sehari 7-8 jam. Selain itu, tidur yang teratur juga bisa membuat pola makan  menjadi teratur karena tubuh sudah paham kapan waktu yang tepat untuk makan dan kapan waktu yang tepat untuk beristirahat.

7.    Konsumsi air putih yang cukup

Minum air putih minimal 8 gelas per hari, agar tidak terhindar dari dehidrasi. Tubuh kita 80% mengandung cairan. Dengan banyak minum air putih dapat membuang racun-racun dari dalam tubuh agar tubuh tetap sehat.

8. Menjaga kebersihan 

Menjaga kebersihan juga tidak kalah pentingnya agar hidup tetap sehat. Bakteri dan virus paling senang berada di tempat yang kotor. Membersihkan tempat tinggal dengan rutin dapat menjadi pola hidup yang sehat. Selain itu menjaga kebersihan diri pun penting dilakukan dalam pola hidup yang sehat seperti mencuci tangan dengan sabun (sebelum dan setelah makan atau dari toilet), mandi, dan sebagainya.

Dengan menerapkan pola hidup sehat diatas, maka tidak akan mudah terserang penyakit dan aktivitas sehari-hari menjadi optimal. Dengan pola hidup sehat otomatis hidup menjadi sehat. jadi tunggu apalagi healthizen? yuk mulai hidup sehatmu! kalau bukan sekarang, kapan lagi?!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here