Kebutuhan Kalori Ibu Hamil

Hai Healthizen! Healthizen sadar gak sih kalo sekarang ibu hamil sedang menjamur lho! Nah udah tau belum berapa tambahan kebutuhan untuk ibu hamil? Apakah ternyata sama dengan sebelum hamil ? atau justru porsi makan harus ditambah dua kali lipat?  Yuk simak penjelasannya!

Hampir semua wanita saat hamil pasti akan langsung berasumsi bahwa porsi makannya harus bertambah banyak, bahkan ada wanita yang selama kehamilannya jadi suka makan dan beranggapan bahwa itu bawaan bayi. Tapi tahukah Healthizen berapakah sebenarnya kebutuhan tambahan kalori per hari yang dibutuhkan ibu hamil? 

Jadi, seorang wanita hamil pada trimester pertama ternyata belum membutuhkan kalori tambahan lho! cukup konsumsi sebanyak kebutuhan energi normal saja. Jika ingin ada tambahan kalori pada trimester pertama, maka maksimal cukup tambahkan 180 kalori saja dari kebutuhan energi normal. Masih ingatkah Healthizen bagaimana cara menghitung kebutuhan energi tubuh per hari? Jika lupa cek postingan SeniSehat sebelumnya ya. 

Menjelang trimester kedua dan ketiga baru diperlukan energi tambahan untuk ibu hamil, yaitu tambahan 300 kalori per hari. Jadi, pernyataan bahwa ibu hamil harus makan 2 kali lipat dari porsi biasanya itu tidak benar ya Healthizen, karena 300 kalori bisa terpenuhi dengan konsumsi 3 butir telur ayam rebus atau 3 buah apel maupun jeruk. 

Sementara untuk Healthizen yang sedang merencanakan kehamilan, ada baiknya jika 3 – 6 bulan sebelum hamil harus memperhatikan pola makan. Terapkan pola gizi seimbang, kurangi makanan berminyak dan manis, perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan terutama yang mengandung asam folat seperti alpukat, bayam, brokoli, dll. Konsumsi asam folat selama kehamilan sangat penting loh Healthizen karena dapat membantu tumbuh kembang janin dan mencegah bayi lahir cacat. Sementara konsumsi asam folat sebelum kehamilan juga tidak kalah penting, karena dapat meningkatkan kesuburan dan membantu tubuh calon ibu untuk siap menghadapi kehamilan, sehingga gizi calon bayi pun dapat langsung terpenuhi.

Nah, ingat ya Healthizen bahwa tambahan kalori dibutuhkan ketika kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga, dan bukan berarti porsi makan ditambah dua kali lipat loh. Gizi kehamilan pun harus dipersiapkan dari sebelum hamil ya Healthizen. Ibu sehat, bayi pun kuat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here