Perbedaan Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Hai Healthizen, buat kalian yang sedang diet pasti sering mendengar anjuran untuk mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan karena mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi. Tapi sebenernya healthizen tau nggak sih apa perbedaan biji-bijian dan kacang-kacangan? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Dalam bahasa Indonesia kita mengenal kata biji dan kacang, padahal dalam bahasa inggris kata ini masih dibagi lagi, ada grains, seeds, beans, dan nuts. Grain dan seeds termasuk kedalam biji-bijian, sedangkan beans dan nuts dalam bahasa Indonesia adalah kacang-kacangan. Eitss tapi ternyata grains, seeds, bean, dan nuts merupakan satu keluarga loh yaitu biji-bijian! Grains adalah biji dari rumput-rumputan, contohnya gandum, jagung, beras. Beans adalah biji dari tumbuhan polong-polongan contohnya, kacang merah, kacang polong, kedelai, dll. Kemudian Nuts adalah biji dari pohon-pohonan, contohnya hazelnut, walnut, dll. Nah sedangkan seeds adalah biji dari bunga, misalnya seperti kuaci. Udah tau kan apa beda nya? Jangan sampai tertukar ya Healthizen!

Biji dan kacang mengandung karbohidrat kompleks, dimana jenis karbohidrat ini lebih lama dicerna oleh tubuh jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, sehingga kenaikan glukosa pun akan melambat. Nah selain itu biji dan kacang mengandung tinggi serat yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama, dan cocok untuk Healthizen yang sedang diet. Nuts dan Seeds mengandung asam lemak tidak jenuh tunggal dan ganda yang perannya sebagai lemak baik dalam tubuh. Lalu Beans mengandung protein nabati, dan mengandung tinggi serat. Seluruh manfaat yang ada pada biji-bijian dan kacang-kacangan ini dilengkapi lagi dengan tinggi kandungan vitamin dan mineral sebagai antioksidan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Eitss selama konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan, dibarengi dengan bahan makanan lainnya juga ya sehingga asupan gizi jadi seimbang, dan juga porsi yang tepat tentunya Healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here