Saat Menstruasi Perlu Olahraga??

Hai Healthizen! Pasti banyak dari kalian yang ketika menstruasi malah jadi mager kan?? hihihi. Nah, walaupun sedang mens, Healthizen harus tetap berolahraga ya. Bagaimana jenis olahraganya?Yuk simak penjelasan di bawah ini 

Periode menstruasi normal wanita adalah 25-35 hari, dan masa haid selama 3 sampai 7 hari. Jika fisik seseorang sedang dalam keadaan tidak baik, ia akan merasa terganggu dengan menstruasinya, misalnya pembentukan gas di perut sehingga menjadi kembung. Selain itu,  payudara sensitif dan sakit, kram perut, kaku, bahkan tidur merasa gelisah dan jadi insomnia. Semakin banyak masalah yang dirasakan ketika menstruasi, maka cenderung bermasalah pula saat masa kehamilan atau melahirkan.

Eitss buat Healthizen yang memiliki masalah kegemukan, perlu berhati-hati ya, karena punya kemungkinan pengaruh dengan menstruasi. Orang kurang sehat memiliki kemungkinan menstruasi tidak stabil, dan salah satu faktor pendukung kesehatan adalah olahraga.

Nah, untuk mengurangi rasa sakit ketika menstruasi, Healthizen harus tetap berolahraga ya. Bagi yang sudah terbiasa berolahraga, ketika masa menstruasi tidak akan terasa sakit. Saat olahraga, hormon endorphin menstimulasi otak untuk mengurangi rasa sakit, dan oksigen masuk ke dalam otak dan menghasilkan rasa nyaman. Saat olahraga, racun dalam tubuh akan keluar melalui keringat, lalu olahraga bisa mengalihkan pikiran-pikiran yang mencemaskan, emosi, atau sesuatu yang bisa membuat stres untuk sementara waktu.

Olahraga yang paling cocok saat menstruasi adalah olahraga yang ringan atau stretching, agar tubuh yang terasa kaku menjadi rileks. Setelah lelah berolahraga, tubuh akan lebih nyaman saat beristirahat. Saat mens hari 1 sampai 2 hindari olahraga renang, Healthizen bisa aerobic lebih ke low impact. Nah, semakin sering olahraga, semakin bisa mengurangi nyeri saat menstruasi loh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here