Yoga Bisa Menurunkan Berat Badan ??

Hai Healthizen! Sedang mengalami kelebihan berat badan? Masih bingung milih olahraga apa yang cocok untuk diet? Yoga bisa jadi solusinya loh Healthizen! Yuk simak penjelasannya.

Yoga merupakan salah satu aktivitas tubuh yang memiliki banyak peregangan yang digabungkan dengan teknik pernafasan yang berguna meningkatkan kualitas mental dan fisik seseorang. Yoga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh loh Healthizen, yaitu menjadi sarana relaksasi, memperbaiki postur tubuh, mengurangi stres, kecemasan, depresi, memperbaiki pola tidur, dan mempengaruhi hormon leptin serta adiponektin. Selain itu yoga bisa menjadi cara sehat untuk menurunkan berat badan berlebih.

Penelitian di Indonesia, bahwa latihan yoga selama 10 hari dapat menurunkan berat badan, IMT, lingkar pinggang, glukosa darah, dan kolesterol total. Selain itu, latihan yoga selama 12 hari dapat menurunkan IMT dan lingkar perut dengan rerata selisih lingkar perut sebesar 1,4 cm. Lalu penelitian yang menyarankan untuk melanjutkan latihan yoga di rumah selama 30 hari menunjukkan hasil adanya penurunan berat badan dan tekanan darah sistolik. Karena itu yoga sangat efektif untuk seseorang yang sedang menjalani program diet dan ingin menurunkan berat badan. 

Latihan yoga yang intensif dapat berkontribusi meningkatkan basal metabolic rate (BMR) dan membakar energi hingga 250 kkal sehingga menyebabkan penurunan berat badan. Peningkatan aktivitas fisik dan kesadaran merupakan mekanisme utama pada yoga yang dapat mempengaruhi bentuk tubuh dan berat badan

Nah, yoga umumnya memiliki gerakan yang ringan, lebih menyenangkan, dan tidak ada efek samping yang berbahaya sehingga bisa dilakukan oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, lansia, bahkan ibu hamil dan ibu nifas juga bisa melakukan yoga.

Eitss dalam melakukan latihan yoga harus diimbangi dengan pola makan sesuai gizi seimbang juga ya Healthizen, agar penurunan berat badan lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here