Kupas Tuntas Tubuh Bungkuk

Hai Healthizen! Merasa terganggu dengan postur tubuh tidak tegak? Ternyata banyak penyebab dari masalah tubuh bungkuk loh Healthizen. Mulai dari kebiasaan duduk yang kurang baik, hingga pola konsumsi yang tidak tepat. Simak penjelasannya yuk Healthizen.

Tubuh bungkuk yaitu kondisi dimana tulang belakang yang melengkung ke depan melebihi batas normal sehingga seseorang yang mengalaminya akan menjadi bungkuk. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan seseorang mengalami tubuh bungkuk loh, diantaranya adalah :

1. Kebiasaan saat remaja karena tidak percaya diriĀ 

Beberapa remaja perempuan tidak percaya diri akan beberapa bagian tubuhnya, misalnya pada bagian payudara. Dengan rasa kurang percaya diri, remaja perempuan biasanya menutupi bagian tubuh tersebut dengan cara sedikit membungkukkan badannya. Jika hal ini terus menerus dilakukan, tulang belakang akan melengkung ke depan sehingga menjadi bungkuk. Tentunya rasa kurang percaya diri ini bisa diubah jika ada niat untuk memperbaiki postur tubuh khususnya di bagian tulang belakang remaja.

2. Keropos tulang pada lansia

Pada lansia, bukan hanya metabolisme tubuh yang menurun, tetapi kepadatan tulang pun ikut menurun. Apalagi, pada lansia yang ketika muda nya sering mengonsumsi tinggi gula, darahnya akan menjadi asam. Nah, salah satu cara tubuh untuk menormalkan pH darah adalah dengan cara melepaskan kalsium dari tulang. Cara ini akan membuat tulang penyangga tidak kuat menopang tubuh sehingga lansia menjadi bungkuk. Selain itu, berlebihnya konsumsi sumber hewani saja akan membuat pH darah menjadi asam, sehingga harus diimbangi dengan masuknya provitamin D pada tubuh dari sinar matahari agar kalsium tidak selalu diambil dari tulang.

3. Otot lemah

Kurangnya berolahraga dapat menyebabkan otot lemah. Otot lemah tidak bisa menarik rangka otot. Otot yang lemah dapat diperkuat dengan latihan beban sehingga otot pinggang dan punggung menjadi kuat sehingga tubuh dapat menjadi tegak. Eitss tubuh juga butuh kalsium kalau sedang ada tekanan seperti latihan beban ya Healthizen!

4. Keturunan Kifosis

Kelainan tulang belakang seperti kifosis yang menurun ini dapat menyebabkan seseorang mengalami tubuh bungkuk loh Healthizen. Eitss kifosis yang menurun ini dapat diubah ketika masih dalam pertumbuhan tulang loh, yaitu di bawah 20 tahun. Olahraga yang dilakukan yaitu bisa latihan berenang untuk memperkuat tulang belakang. Jika terdapat tonjolan pada punggung, disebabkan karena posisi tulang sudah berubah dan menahan beban agar tetap berdiri. Hal ini terjadi pada 20-40% orangtua.

Nah, dampak dari tubuh bungkuk yaitu penampilan akan tidak terlihat bagus, susah untuk menoleh, dan akan mengalami gangguan tulang belakang. Posisi tidur yang dengan posisi lurus dan rileks juga dapat mencegah terjadinya bungkuk ya Healthizen.

Eitss tubuh bungkuk dapat dicegah dengan memperbaiki kebiasaan dengan cara menegakan tubuh, memperbaiki pola makanan yang dapat mendukung kepadatan tulang, dan melakukan latihan beban serta perbanyak olahraga lainnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here