Kupas Tuntas Bahaya Begadang

Banyaknya rutinitas bisa membuat kita begadang, misalnya karena pekerjaan yang belum selesai. Eitss tapi tau gak sih Healthizen, dengan begadang akan banyak pengaruh bagi tubuh kita. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Kebiasaan begadang atau tidur di atas jam 12 malam dengan alasan apapun akan berdampak kurang baik bagi tubuh, karena pada waktu tersebut tubuh akan meregenerasi sel-sel. Regenerasi akan optimal jika tubuh dalam keadaan istirahat. Jika regenerasi tidak  maksimal dan tidak sempurna akan terjadi kerusakan pada sel dan jaringan, misalnya membuat wajah terlihat lebih tua, mata keriput, mata panda, dan bergelambir. 

Nah, tidak disarankan untuk begadang dan membolak-balikkan waktu tidur ya Healthizen.  Karena menurut penelitian, satu hari begadang pemulihannya adalah tiga hari. Dampak lain yang terjadi pada tubuh adalah darah akan berkurang, emosional tidak stabil, emosi mudah meledak, dan tidak bisa mengendalikan diri. Kemampuan berpikir pun juga menurun karena otak tidak diberikan waktu istirahat selama begadang, dan jaringan otak akan rusak, daya nalar dan daya ingat menurun, serta tidak ada semangat untuk melakukan aktivitas. 

Penyakit degeneratif yang akan menyerang jika selalu begadang adalah kolesterol menjadi tinggi karena ketika begadang biasanya konsumsi makanan tinggi lemak. Lalu penyakit jantung, karena kolesterol menumpuk sehingga menyumbat pembuluh darah. Kalau penyumbatan terjadi di pembuluh darah otak, akan terjadi stroke. Eitss kebiasaan begadang juga akan menurunkan daya tahan karena tidak ada regenerasi sel-sel sehingga mudah terserang virus. Begadang juga meningkatkan 12% resiko kematian

Berbeda lagi dengan insomnia, yang kesulitan tidur walaupun sudah berada di tempat tidur. Kadang orang mengambil solusi dengan cara minum obat agar bisa tidur, hal ini disebabkan stress berat dan rasa khawatir berlebih. Nah, kalau begadang yaitu sengaja untuk tidak tidur yang nantinya akan menjadi kebiasaan yang tidak baik, dan bisa mengakibatkan insomnia. 

Banyak anak-anak sekarang yang suka bermain game hingga lupa waktu dan tidak beristirahat akhirnya begadang. Dampak bagi anak yang suka begadang lebih berbahaya karena akan menghambat pertumbuhan. Hormon pertumbuhan akan terganggu yang mengakibatkan pertumbuhan tulang tidak bagus, tubuh tidak tumbuh dengan sempurna, kognitif terhambat, serta anak mudah emosi. Sama seperti orang dewasa, anak yang begadang akan mengalami hambatan regenerasi sel serta daya tahan menurun.

Untuk kecantikan wanita juga akan mengalami gangguan karena dengan begadang akan menimbulkan jerawat. Hal ini disebabkan produksi minyak bertambah pada saat beraktivitas lebih banyak. Selain itu hormon kortisol dilepas lebih banyak sehingga memecah kolagen sehingga menimbulkan garis penuaan atau keriput dan kusam pada kulit. 

Eitss tips agar Healthizen tidak begadang adalah harus bisa mengatur jadwal pekerjaan dengan baik. Selain itu bisa mandi dengan air hangat sebelum tidur. Mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur dan mematikan lampu kamar dapat mengatasi kebiasaan begadang Healthizen loh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here