Kupas Tuntas Otot

Hai Healthizen! Otot merupakan bagian tubuh yang memiliki fungsi penting bagi aktivitas yang dilakukan seseorang. Kali ini SeniSehat akan mengupas topik mengenai otot. Yuk Healthizen dibaca sampai tuntas penjelasannya!

Otot berfungsi untuk menggerakkan beberapa bagian tubuh, diantaranya menggerakkan tulang dan sendi, menggerakkan organ tubuh, selain itu ada juga otot yang berfungsi untuk memompa darah di jantung. 

Otot yang terbentuk ditandai dengan  dengan jaringan otot yang semakin membesar. Namun, ketika tidak berolahraga maka komposisi otot berkurang yang menyebabkan otot mengecil. Pengurangan massa otot ini dapat menurunkan jumlah kalori yang keluar dari tubuh, maka lemak akan mudah terbentuk.

Dengan melakukan latihan dapat menambah massa otot, latihan yang dimaksud adalah latihan seperti squat, push up, pull up, sit up dan latihan anaerobik. Sayangnya otot bisa mudah rusak oleh berbagai aktivitas yang dilakukan. Untuk menghindari kerusakan otot hindari beberapa kebiasaan, yaitu minum alkohol berlebihan, angkat beban berlebih yang tidak sesuai kemampuan, dan overtraining.

Latihan yang berlebihan (overtraining) dapat menimbulkan beberapa masalah seperti nyeri, cedera atau patah tulang. Nah, cara untuk mengatasinya antara lain  mengurangi intensitas latihan, istirahat hingga pulih, serta bantuan profesional dari yang ahli.

Eitss untuk menambah massa otot bukan hanya dari latihan beban saja loh Healthizen, asupan yang bergizi juga berpengaruh dalam penambahan massa otot. Berikut ini adalah asupan gizi yang penting untuk menambah massa otot

  1. Konsumsi asupan kalori

Konsumsi lebih banyak kalori dibandingkan dengan hari biasa akan membuat kalori yang dibakar oleh tubuh menjadi lebih banyak. Kalori berlebih diperlukan untuk memperbaiki serat pada otot yang telah rusak dan membantu tumbuhnya serat yang baru.

  1. Konsumsi protein

Keberadaan protein mampu membantu pembentukan otot di dalam tubuh.  Konsumsi protein yang cukup supaya asam amino berguna bagi pembangunan serta perbaikan serat otot.

  1. Asupan lemak yang cukup

Untuk mendukung pertumbuhan massa otot dalam tubuh, dibutuhkan asupan lemak yang cukup. Meski demikian, pilih lemak yang low fat. Jenis lemak yang harus dihindari adalah lemak jenuh yang memicu datangnya banyak penyakit seperti jantung koroner. Mengonsumsi lemak tak jenuh berfungsi untuk membantu produksi testosterone, peningkatakan level HDL serta mencegah terjadinya kerusakan otot dalam tubuh.

  1. Konsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E berfungsi meningkatkan kekuatan otot. Salah satu jenis kacang yang dapat menambah massa otot yaitu kacang almond. Selain itu kacang almond mengandung protein serta lemak yang baik bagi tubuh. Eitss tapi tidak dikonsumsi berlebih ya Healthizen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here