Stress Meningkatkan Nafsu Makan ??

Hai Healthizen! Banyak efek yang ditimbulkan ketika kita sedang mengalami stres loh. Salah satunya adalah nafsu makan yang meningkat. Hal ini disebut dengan emotional eating. Yuk cermati penjelasan di bawah ini Healthizen

Penelitian memang membuktikan stress dapat mengundang tumpukan lemak di tubuh. Seorang peneliti menjelaskan saat kita mengalami stress, tubuh mengartikan sebagai situasi psikis yang berbahaya dan hal ini akan direspon dengan mengeluarkan hormon tertentu.Hormon tersebut adalah adrenalin yang dapat membuat kita berenergi. Ketika kita stress pada saat yang bersamaan akan mengeluarkan hormon stress yaitu hormon kortisol. Hormon kortisol membuat perintah untuk mengisi ulang energi tubuh meskipun tubuh dalam kondisi kelebihan energi. Hal tersebut yang membuat kita merasa lapar. 

Namun, kebanyakan orang akan lari pada makanan yang manis, asin, dan tinggi lemak karena distimulasi oleh hormon stress. Menurut peneliti dari University of California, San Fransisco Elissa Epel mengatakan dorongan mengunyah pada saat stress menjadi pola tersendiri bagi kita karena otak merekam reaksi kita. Alhasil setiap kali kita stress akan merasa lebih baik jika mengunyah makanan dan makanan yang dikonsumsi cenderung tidak sehat yang membuat berat badan bertambah. 

Ketika menyadari kita mulai melahap segala makanan yang ada di depan mata saat merasa terpuruk, alihkan perhatian dari makanan dengan aktivitas lain agar keinginan untuk makan teralihkan. Berikut ada beberapa trik sebagai pengalih makan yang berlebih saat stress diantaranya:

  1. Minum teh hitam

Dengan minum teh hitam terbukti dapat menurunkan kadar kortisol dalam tubuh. Lalu lakukan beberapa pernapasan ringan, matikan handphone dan rehat sejenak dari rutinitas akan membantu mengendalikan jumlah kortisol akibat stress.

2. Olahraga 

Kegiatan olahraga termasuk salah satu kegiatan yang ampuh dalam mengelola stress. Selain itu membantu mengurangi rasa cemas dan insomnia.


3. Makan jeruk

Buah yang kaya akan vitamin C ini dibutuhkan anda untuk memperkuat kekebalan tubuh saat mengalami stress. Mengupas dan mencium aroma jeruk dapat membantu menenangkan pikiran. Jika diperlukan bantuan saat menghadapi stress lakukanlah konseling dalam bentuk terapi individu ataupun kelompok. Konseling stress juga berguna mengurangi gejala stress dan dapat meningkatkan kesehatan diri loh Healthizen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here